Melaju di Tengah Demo Kematian George Floyd, Sopir Truk Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 12:42 WIB
MINNEAPOLIS, MN - MAY 31: People react after a tanker truck drove into a crowd peacefully protesting the death of George Floyd on the I-35W bridge over the Mississippi River on May 31, 2020 in Minneapolis, Minnesota. A large group of protesters had been marching over the bridge on both lanes before a truck drove into the crowd.   Stephen Maturen/Getty Images/AFP
Sopir truk tanker ini ditangkap setelah mengemudikan kendaraannya ke kerumunan demonstran di Minneapolis (Stephen Maturen/Getty Images/AFP)
Minneapolis -

Seorang sopir truk tanker di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat (AS), ditangkap polisi setelah kedapatan mengemudikan kendaraannya di tengah jalan layang yang dipenuhi demonstran yang memprotes kematian pria kulit hitam, George Floyd. Motif dari sopir truk ini belum diketahui pasti.

Seperti dilansir AFP, Senin (1/6/2020), insiden ini terjadi saat unjuk rasa memprotes kematian Floyd tengah berlangsung di Minneapolis pada Minggu (31/5) waktu setempat. Rekaman video menunjukkan ratusan demonstran tengah melakukan long march anti-rasisme di jalan layang setempat, saat tiba-tiba muncul sebuah truk tanker yang melaju ke arah demonstran.

Diketahui bahwa ruas jalan layang itu ditutup untuk kendaraan, saat unjuk rasa digelar. Tidak diketahui pasti apakah sopir truk itu melanggar barikade atau mendapat izin untuk masuk ke ruas jalan tersebut.

Gubernur Minnesota, Tim Walz, menyatakan bahwa tidak ada laporan soal demonstran yang terluka dalam insiden itu. Sang sopir truk, yang tidak disebut identitasnya, telah dilarikan ke rumah sakit setelah diminta keluar dari kendaraannya.

"Saya tidak tahu motif sopir itu pada saat ini, namun sejauh ini, untuk tidak memiliki tragedi dan banyak kematian adalah hal luar biasa," ucap Walz.

Sopir truk itu dilaporkan tidak langsung melajukan kendaraannya ke arah kerumunan demonstran. Truk itu sempat menunjukkan tanda-tanda melambat dan beberapa demonstran tampak berlarian menjauhi truk itu, sebelum akhirnya truk benar-benar berhenti.