Trump Sempat Dibawa ke Bunker Saat Demonstran Kumpul di Luar Gedung Putih

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 09:38 WIB
Demonstrators gather in front of the White House to protest the death of George Floyd, Saturday, May 30, 2020, in Washington. Floyd died after being restrained by Minneapolis police officers. (AP Photo/Evan Vucci)
Momen saat demonstran berkumpul di depan Gedung Putih untuk memprotes kematian George Floyd. Aksi digelar Jumat (29/5) malam hingga Sabtu (30/5) pagi waktu setempat. (AP Photo/Evan Vucci)
Washington DC -

Saat para demonstran yang memprotes kematian pria kulit hitam bernama George Floyd berkumpul di luar Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (29/5) malam, Presiden Donald Trump sempat dibawa ke bunker bawah tanah selama beberapa saat.

Seperti dilansir CNN, Senin (1/6/2020), seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebut namanya dan seorang sumber penegak hukum AS menuturkan bahwa Trump sempat dibawa ke bunker bawah tanah selama kurang dari satu jam, sebelum akhirnya diperbolehkan kembali ke atas.

New York Times (NYT) menjadi media terkemuka AS pertama yang melaporkan hal ini. Tidak diketahui pasti apakah istri dan anak Trump, Melania dan Barron, juga ikut bersama Trump ke bunker bawah tanah.

Trump diketahui berulang kali memuji Secret Service keesokan harinya, atas cara penanganan terhadap unjuk rasa memprotes kematian Floyd pada Jumat (29/5) malam waktu setempat. Saat itu para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih.

Pada Sabtu (30/5) pagi waktu setempat, atau beberapa jam usai aksi protes di luar Gedung Putih berakhir, Trump mengumumkan dirinya dalam keadaan baik-baik saja. Trump memuji Secret Service yang telah melindungi dirinya di dalam Gedung Putih.

"Pekerjaan yang hebat semalam di Gedung Putih oleh @SecretService AS. Mereka tidak hanya profesional total, tapi juga sangat keren. Saya ada di dalam, melihat setiap pergerakan dan tidak bisa merasa lebih aman lagi," ucap Trump dalam cuitan via akun Twitter-nya.

Demo Kematian George Floyd Merebak Hampir di Seluruh AS:

(nvc/dnu)