Trump Ingin Tunda Pertemuan G7 dan Undang Negara Lain

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 09:37 WIB
Donald Trump saksikan peluncuran misi SpaceX-Nasa
Foto: Donald Trump saksikan peluncuran misi SpaceX-Nasa (dok.AFP)
Washington -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dia akan menunda pertemuan negara-negara G7 yang dijadwalkan berlangsung pada Juni. Trump ingin mengundang negara lain, termasuk Rusia, untuk mengikuti pertemuan itu.

"Saya tidak merasa bahwa G7 telah mewakilkan apa yang terjadi di dunia. Ini adalah kelompok negara-negara yang sangat ketinggalan zaman," kata Trump seperti dilansir AFP, Minggu (31/5/2020).

Trump mengatakan dia ingin mengundang Russia, Korea Selatan, Australia dan India untuk mengikuti KTT yang diperluas ini di musim gugur nanti.

Trump menyebut pertemuan ini bisa terjadi di September, baik sebelum atau sesudah sidang PBB. "Mungkin saya akan melakukannya setelah pemilihan," tambah Trump.

Warga Amerika melakukan pemungutan suara pada awal November untuk memilih presiden baru. Trump ingin keadaan normal kembali setelah pandemi virus Corona dan ekonomi yang sehat ketika para pemilih memberikan suara mereka.

Menggambarkan acara tersebut sebagai 'G-10 atau G-11', Trump mengindikasikan memulai pembicaraan dengan para pemimpin dari empat negara lainnya.

Para pemimpin dari G7, yang dipimpin Amerika Serikat tahun ini, telah dijadwalkan untuk bertemu melalui konferensi video pada akhir Juni usai COVID-19 merusak rencana berkumpul secara langsung di Camp David, retret kepresidenan AS di luar Washington.

Trump menciptakan ketegangan pekan lalu lewat pengumuman dia mungkin akan mengadakan pertemuan besar secara langsung, 'terutama di Gedung Putih' tetapi juga berpotensi di Camp David.

Tonton juga 'Saksikan Peluncuran SpaceX, Trump Lagi-lagi Tanpa Masker':

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/lir)