International Updates

Trump Putus Hubungan AS-WHO, Sampaikan Belasungkawa ke Keluarga George Floyd

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 17:55 WIB
President Donald Trump speaks about the coronavirus during a press briefing in the Rose Garden of the White House, Monday, May 11, 2020, in Washington. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto: AP/Alex Brandon
Jakarta -

Perseteruan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuncak. Kini, Trump mengumumkan bahwa dirinya memutus hubungan AS dengan badan kesehatan PBB itu, yang disebutnya gagal berbuat banyak untuk memerangi penyebaran awal virus Corona.

"Karena mereka gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada Jumat (29/5) waktu setempat seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/5/2020).

Trump mengatakan bahwa AS akan mengalihkan dana yang sebelumnya dialokasikan ke WHO ke lembaga-lembaga lainnya di seluruh dunia yang lebih pantas dan lebih membutuhkan bantuan kesehatan masyarakat.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (30/5/2020):

- Duh! Kawanan Monyet Bawa Kabur Sampel Darah Pasien Corona

Sekawanan monyet di India menyerang seorang petugas medis dan membawa kabur sampel darah pasien yang telah dinyatakan positif virus Corona.

Insiden itu terjadi pekan ini ketika seorang teknisi laboratorium sedang berjalan di sebuah kampus universitas kedokteran yang dikelola pemerintah di Meerut, sekitar 460 kilometer sebelah utara Lucknow, ibu kota negara bagian Uttar Pradesh.

"Monyet-monyet mengambil dan kabur dengan sampel darah empat pasien COVID-19 yang sedang menjalani perawatan ... kami harus mengambil sampel darah mereka lagi," kata Dr S. K. Garg, seorang pejabat tinggi di kampus tersebut seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (30/5/2020).

- Trump Bicara dengan Keluarga George Floyd dan Sampaikan Belasungkawa

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan dirinya telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga George Floyd, warga Afrika-Amerika yang tewas di tangan polisi yang menangkapnya di Minneapolis, hingga memicu aksi-aksi demo di sejumlah kota.

"Saya telah berbicara dengan anggota keluarga, orang-orang yang hebat," ujar Trump kepada para wartawan di Gedung Putih seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/5/2020).

"Saya baru saja mengungkapkan kesedihan saya. Itu adalah hal yang mengerikan untuk disaksikan," katanya. "Mereka berduka. Saya bisa melihat bahwa mereka sangat mencintai saudara mereka," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2