Masjid Singapura Dibuka Lagi 2 Juni, Sediakan Tempat Salat Terbatas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 11:53 WIB
masjid.
Ilustrasi (dok. detikcom/Dikhy Sasra)
Singapura -

Masjid-masjid di Singapura akan mulai dibuka kembali mulai 2 Juni mendatang. Pembukaan ini dilakukan secara bertahap dan disertai berbagai pembatasan untuk salat berjemaah di dalam masjid, mengingat pandemi virus Corona (COVID-19) masih merajalela.

Seperti dilansir Channel News Asia, Jumat (29/5/2020), Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS) menyatakan pembukaan masjid tahap 1 akan dilakukan dengan 'langkah-langkah pencegahan maksimum'. Dengan kata lain, masjid-masjid yang buka kembali hanya menyediakan tempat salat yang terbatas untuk ibadah privat.

Langkah-langkah ini dimaksudkan untuk meniminalisasi potensi munculnya gelombang kedua virus Corona yang bisa berdampak pada penutupan kembali masjid-masjid di Singapura.

Pembukaan tahap pertama akan dilakukan mulai 2 Juni hingga 7 Juni. Pada periode ini, masjid-masjid akan beroperasi secara terbatas mulai pukul 13.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat. Nantinya, setiap masjid akan dibagi menjadi lima zona salat, dengan setiap zona bisa mengakodomasi maksimum lima individu, atau maksimum lima keluarga dengan masing-masing keluarga terdiri atas lima individu.

Merujuk pada terbatasnya tempat salat, MUIS mengimbau masyarakat untuk memberikan prioritas kepada para pekerja yang mobile atau selalu berpindah tempat, yang tidak mampu menjalankan salat di satu lokasi saja. Para pekerja ini termasuk para petugas delivery dan sopir taksi atau mobil sewaan.

Warga yang bisa menjalankan salat di rumah juga diimbau untuk tetap melakukan demikian.

"Warga lanjut usia, khususnya yang rentan terhadap infeksi, sangat tidak dianjurkan untuk datang ke masjid pada tahap pertama pembukaan kembali yang aman, demi perlindungan mereka sendiri," imbau MUIS untuk warga setempat.

Tonton juga video 'Rumah Ibadah Boleh Dibuka Kembali Saat New Normal, Tapi Ada Syaratnya':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2