Arab Saudi Pulangkan 450 Ribu Jemaah Umroh

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 19:36 WIB
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Foto: dok. Haramain Info/Arab Saudi Pulangkan 450 Ribu Jemaah Umroh
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Umroh dan Haji memulangkan 450 ribu jemaah umroh yang berada di negaranya. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

Dikutip dari Saudi Gazette, lebih dari 60 ribu jemaah umroh telah dipulangkan ke negara asal mereka. Hal ini dilakukan selama libur Idul Fitri dan menjadi operasi besar pertama Arab Saudi sejak larangan penerbangan internasional.

Sebelumnya, sekitar 1.500 jemaah umroh telah kembali ke negaranya pada bulan April kemarin. Kemudian, 40 ribu jemaah umroh lainnya dibawa ke kota Mekkah dari Madinah guna menyelesaikan ibadah umroh mereka.

Sementara itu, sebanyak 2.000 jemaahumroh gagal kembali ke negaranya karena penutupan penerbangan. Mereka pun untuk sementara tinggal di Kementerian Umroh dan Haji.

Adapun, pemulangan jemaah umroh sama dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dan negara terkait. Tak hanya itu, semua kementerian juga berupaya mencegah penyebaran virus corona terutama di dua masjid suci tersebut.

(pay/erd)