PBB: Corona Bisa Buat 14 Juta Orang di Amerika Latin Kelaparan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 13:57 WIB
Jutaan orang di Amerika Latin terancam kelaparan akibat Corona (AP Photo)
Foto: Jutaan orang di Amerika Latin terancam kelaparan akibat Corona (AP Photo)
Bogota -

Program Pangan Dunia (World Forum Program/WFP) pada Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memperingatkan bahwa ada 14 juta orang di Amerika Latin yang terancam kelaparan akibat pandemi Corona. Hal ini karena orang tetap di rumah dan ekonomi yang lumpuh.

Proyeksi soal ancaman kelaparan ini yang dirilis Rabu (27/5) itu memperkirakan prediksi yang mengejutkan. Ada 3,4 juta orang mengalami kerawanan pangan parah pada 2019, jumlah itu bisa lebih dari empat kali lipat tahun ini di salah satu kawasan paling rentan di dunia.

"Kami memasuki tahap yang sangat rumit. Itu yang kita sebut pandemi kelaparan," kata Miguel Barreto, Direktur Regional WFP untuk Amerika Latin dan Karibia seperti dilansir The Associated Press (AP), Kamis (28/5/2020).

Tanda-tanda meningkatnya kelaparan sudah dirasakan di sekitar wilayah itu, di mana warga yang putus asa melanggar karantina untuk mencari uang dan makanan sembari menggantung bendera merah putih dari rumah mereka dalam teriakan minta tolong.

Banyak dari mereka yang kelaparan adalah pekerja informal yang merupakan bagian besar dari tenaga kerja Amerika Latin. Sementara yang lain adalah orang miskin baru yang kehilangan pekerjaan di tengah krisis ekonomi yang bersejarah ini.

"Saya kapten dari keluarga ini," kata Dieufete Lebien, 57, seorang pekerja konstruksi yang sekarang menganggur di Haiti. "Kapal ini akan karam."

Selanjutnya
Halaman
1 2