Round-Up

Saat Orang Belanda Tertular Corona dari Cerpelai

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 08:42 WIB
Pemerintah Belanda: Dua Orang Tertular Virus Corona dari Cerpelai
Foto Cerpelai: DW (News)
Jakarta -

Virus Corona menjadi pandemi di seluruh negara dunia. Virus Corona biasanya ditularkan dari manusia satu ke manusia yang lainnya, tapi tidak dengan dua warga Belanda ini, sebab dia terinfeksi Corona tertular dari hewan cerpelai.

Kejadian ini adalah kasus pertama yang terjadi selama pandemi Corona di berbagai negara. Hewan berbulu inilah yang menularkan Corona ke dua warga Belanda.

Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten dalam suratnya kepada parlemen membenarkan hal itu. Dia menyebut cerpelai yang membawa virus corona itu ditemukan di empat lokasi peternakan dari total 155 peternakan di Belanda, tempat cerpelai dibiakkan untuk bulu mereka.

Schouten mengatakan risiko penularan virus dari hewan ke manusia semacam ini di luar peternakan 'dapat diabaikan'. Dari empat peternakan yang dilaporkan terinfeksi, tiga di antaranya telah terbukti bersumber dari manusia yang sakit, sementara peternakan yang keempat masih dalam penyelidikan, kata Schouten.

Kasus Penularan Corona Cerpelai ke Manusia Unik

Direktur Institut Kesehatan Belanda (RIVM), Jaap van Dissel mengatakan, kasus penularan dari cerpelai ke manusia adalah kasus yang unik. Sebab, beberapa hewan berbulu seperti kucing dan hewan lain justru terinfeksi COVID-19 dari manusia, bukan mereka yang menularkan COVID ke manusia.

Selanjutnya
Halaman
1 2