Protes Kurangnya APD Melawan Corona, Petugas Medis Spanyol Gelar Aksi Demo

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 11:33 WIB
spanyol
Foto: AFP
Madrid -

Para pekerja medis Spanyol di garis depan perang melawan virus Corona, menggelar aksi demo untuk memprotes kurangnya alat pelindung diri (APD).

Dengan mengenakan seragam mereka, para dokter, perawat dan pekerja lainnya berunjuk rasa di luar sejumlah rumah sakit di Madrid, ibu kota Spanyol pada Senin (25/5) waktu setempat.

Para petugas medis tersebut berdiri diam di pintu-pintu gerbang sejumlah institusi medis di Madrid dan sekitarnya. Mereka membawa spanduk dan tulisan berbunyi "kami berperang tanpa senjata", "siapa yang peduli pada perawat" dan "layanan kesehatan publik tak bisa dijual".

Silvia Garcia, perawat di unit perawatan intensif (ICU) mengatakan bahwa tujuan aksi demo ini adalah agar masyarakat sadar akan "kerawanan pekerjaan kami".

"COVID-19 hanya mengintensifkan situasi yang kami alami sebelumnya," katanya kepada AFP, Selasa (26/5/2020). Garcia merupakan satu di antara ratusan petugas medis yang berdemo di luar rumah sakit Gregorio Maranon.

"Kami harus memiliki sarana untuk merawat," ujar Victor Aparicio, perawat ICU lainnya yang bekerja di rumah sakit yang sama.

Selanjutnya
Halaman
1 2