Pejabat Ontario Kecam Kerumunan yang Terjadi di Taman Toronto Saat Pandemi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 03:43 WIB
Bunga tulip warna-warni mekar di Commissioners Park, Ottawa, Ontario, Kanada. Festival tulip ini berlangsung di tengah pandemi Corona yang terjadi di negara tersebut.
Foto: Ilustasi (Justin Tang/The Canadian Press via AP)
Toronto -

Perdana Menteri Ontario Doug Ford menyatakan kaget atas adanya kerumunan besar warga yang menikmati hari cerah di sebuah taman di Toronto, Kanada. Doug mengkhawatirkan meningkatnya penyebaran virus Corona di tengah pandemi.

"Saya pikir itu adalah konser rock ketika saya pergi ke sana. Saya kaget. Terlalu banyak orang, terlalu dekat," kata Doug Ford, seperti yang dilansir AFP, Senin (25/5/2020).

Pernyataan Ford merujuk pada ribuan orang yang berkumpul pada Sabtu (23/5), di Taman Trinity Bellwoods yang populer untuk menikmati hari yang cerah dan musim panas di Toronto.

Pemerintah kota juga mengeluarkan pernyataan yang mengecam, karena tidak adanya social distancing yang terlihat jelas dalam pertemuan itu. Kerumunan itu disebut berisiko menghambat upaya pemerintah kota untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Ford mengerti keinginan warga untuk pergi pada hari yang asri. Namun Ford memperingatkan virus Corona masih bisa menyebar seperti api.

"Jadi kita harus tetap waspada dan kuncinya, pertahanan terbaik kita saat ini, adalah meningkatkan pengujian," kata Ford.

Pada hari Sabtu, layanan kesehatan Ontario melakukan 11.383 tes, lebih sedikit dari target 16.000 tes sehari.

Pada hari Minggu, Ontario ini telah memiliki 25.500 kasus virus Corona yang dikonfirmasi dan 2.140 kematian, dibandingkan dengan 84.000 kasus dan 6.447 secara nasional.

(rfs/rfs)