Menlu China: AS dan China di Ambang Perang Dingin Baru

Rita Uli Hutapea - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 15:45 WIB
Hubungan Presiden AS Donald Trump-Presiden China Xi Jinping memanas. Keretakan hubungan diplomasi itu karena Trump kecewa dengan China terkait virus Corona.
Presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump (Foto: Getty Images)
Beijing -

Ketegangan antara Amerika Serikat dan China meningkat terkait pandemi virus Corona, status Hong Kong dan masalah lainnya. Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi bahkan menyebut bahwa AS telah mendorong hubungan dengan China ke "ambang Perang Dingin baru".

"Telah menjadi perhatian kami bahwa beberapa kekuatan politik di AS menyandera hubungan China-AS dan mendorong kedua negara kita ke ambang Perang Dingin yang baru," ujar Wang Yi kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (24/5/2020).

Wang tidak menyebut "kekuatan" apa yang dia maksudkan, tetapi Presiden AS Donald Trump telah memimpin kritik dunia atas respons awal China terhadap pandemi Corona, yang telah menyebabkan lebih dari 330.000 kematian dan kejatuhan ekonomi di seluruh dunia.

Gesekan lama antara kedua negara itu atas perdagangan, hak asasi manusia dan isu-isu lain telah meningkat sejak pandemi virus Corona.

Simak video Trump 'Ngambek', Produk AS Dapat Keringanan Tarif dari China:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2