International Updates

Brasil Catat Kasus Corona Terbanyak Kedua, China Laporkan Nol Kasus Baru

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 17:39 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Brasil mencatatkan total kasus virus Corona (COVID-19) terbanyak kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS). Sementara China untuk pertama kalinya melaporkan nol kasus baru Corona sejak Januari lalu.

Pandemi Corona di Brasil semakin meluas hanya dalam beberapa pekan. Pada Senin (18/5) lalu, Brasil menggeser Inggris sebagai negara ketiga dengan total kasus virus Corona terbanyak. Pada Jumat (22/5) waktu setempat, Brasil menggeser Rusia sebagai negara kedua dengan total kasus terbanyak.

Kini, Brasil mencatatkan total 330.890 kasus virus Corona. Angka ini tercatat sebagai total kasus terbanyak kedua di dunia setelah AS, yang sejauh ini mengonfirmasi lebih dari 1,6 juta kasus virus Corona.

Sementara itu, Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan nol kasus baru atau tidak ada tambahan kasus dalam 24 jam terakhir. Dengan ini, total kasus virus Corona di wilayah China daratan berarti masih mencapai 82.971 kasus.

Ini menjadi momen pertama tidak adanya tambahan kasus baru bagi China sejak data soal kasus virus Corona dilaporkan secara rutin sejak Januari lalu.

Berikut berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (23/5/2020):

- Brasil Catat Total Kasus Corona Terbanyak Kedua Dunia

Brasil kini menjadi negara dengan total kasus virus Corona (COVID-19) terbanyak kedua di dunia, setelah Amerika Serikat (AS). Hal ini terjadi setelah otoritas Brasil melaporkan total 330.890 kasus virus Corona di wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Sabtu (23/5/2020), Kementerian Kesehatan Brasil baru saja mengumumkan tambahan 20.803 kasus dalam 24 jam terakhir. Dengan tambahan ini, total kasus virus Corona di Brasil kini ada di angka 330.890 kasus.

Angka tersebut menggeser Rusia dari posisi kedua untuk negara dengan total kasus virus Corona terbanyak di dunia. Rusia sejauh ini mengonfirmasi total 326.448 kasus virus Corona di wilayahnya.

Dengan total 330.890 kasus virus Corona, Brasil kini menempati posisi kedua untuk negara dengan total kasus terbanyak di dunia setelah AS, yang sejauh ini mengonfirmasi lebih dari 1,6 juta kasus virus Corona.

- WHO: Amerika Selatan Jadi Pusat Baru Pandemi Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan kawasan Amerika Selatan kini menjadi 'pusat baru' dari pandemi virus Corona (COVID-19) yang terus merajalela. Hal ini disampaikan setelah total kasus virus Corona di kawasan itu mengalami lonjakan.

"Dalam arti tertentu, Amerika Selatan telah menjadi pusat baru bagi penyakit ini. Kita telah melihat banyak negara Amerika Selatan dengan jumlah kasus yang terus meningkat," sebut Direktur Urusan Darurat WHO, Mike Ryan, seperti dilansir AFP, Sabtu (23/5/2020).

"Jelas ada kekhawatiran di banyak negara tersebut, tapi jelas yang paling terdampak saat ini adalah Brasil," imbuhnya.

Total kematian akibat virus Corona di Brasil saat ini mencapai 21.048 orang, setelah Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan tambahan 1.001 kematian dalam sehari. Total kasus virus Corona di Brasil juga mengalami lonjakan ke angka 330.890 kasus, dengan adanya tambahan 20.803 kasus dalam 24 jam terakhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2