Muslim di Nigeria Kembali Salat Jumat di Masjid, Jamaah Pakai Masker

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 23 Mei 2020 02:33 WIB
Pelaksanaan salat Jumat tetap digelar di salah satu masjid di Kudus. Meski begitu, masjid itu terapkan pembatasan sosial guna cegah penyebaran COVID-19.
ilustrasi (Foto: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)
Abuja -

Muslim di Nigeria berbondong-bondong Salat Jumat di sebuah masjid di Kota Kano, kota terbesar di Nigeria. Mereka untuk pertama kalinya beribadah di masjid usai berminggu-minggu melaksanakan salat di rumah karena kebijakan lockdown.

Dilansir AFP, otoritas Nigeria memberikan waktu luang sebanyak 4 jam untuk umat muslim agar dapat melaksanakan Salat Jumat. Diketahui, Nigeria bagian utara mayoritas penduduknya adalah muslim.

Umat muslim yang melaksanakan salat Jumat tampak mengenakan masker. Sementara para petugas keamanan yang berjaga di sekitar masjid memberikan cairan hand sanitizer kepada para jamaah.

Sekitar 3.000 orang menghadiri salat Jumat tersebut. Mereka duduk mendengarkan khotbah singkat oleh ulama Abdulhadi Ibrahim.

"Kami bersyukur kepada Tuhan bahwa kami di sini untuk Salat Jumat, yang kami harapkan mengisyaratkan stabilisasi pandemi virus Corona," katanya.

Pelaksanaan Salat Jumat tersebut menerapkan protokol kesehatan WHO yakni dengan memperhatikan jarak antar jamaah. Para jamaah terdiri dari orang dewasa hingga anak-anak.

"Kami melakukan semua yang kami bisa untuk membuat semua orang aman tetapi kapasitas kami terbatas karena masker wajah tidak bisa berputar," kata seorang kepala daerah di masjid itu, kepada AFP.

"Kami memastikan semua orang yang datang ke masjid mencuci tangannya dengan sanitizer untuk meminimalkan risiko penularan," tambahnya

(isa/isa)