Banjir Melanda Michigan, 10 Ribu Warga AS Mengungsi di Tengah Pandemi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 14:01 WIB
Banjir melanda Michigan, negara bagian Amerika Serikat (AFP Photo/Seth Herald)
Foto: Banjir melanda Michigan, negara bagian Amerika Serikat (AFP Photo/Seth Herald)
Michigan -

Lebih dari 10.000 penduduk negara bagian Amerika Serikat (AS), Michigan mengungsi pada Rabu (20/5/2020), usai dua bendungan gagal menampung debit air hujan lebat. Banjir ini membuat para pejabat memperingatkan akan banjir bersejarah.

Seperti dilansir AFP, (21/5), Gubernur Gretchen Whitmer menyatakan keadaan darurat di kota Midland, tempat bendungan, di kota Edenville dan Sanford.

Dinas Cuaca Nasional memperingatkan soal banjir bandang yang mengancam jiwa. Mereka bersama gubernur, mendesak orang-orang di daerah itu untuk segera mencari tempat yang lebih tinggi.

Whitmer memperingatkan soal banjir yang bersejarah. Dia menuturkan, wilayah pusat kota Midland, sebuah kota berpenduduk sekitar 42.000 orang, dapat segera berada di bawah sekitar sembilan kaki (tiga meter) genangan air. Kota itu mengatakan di situs resminya bahwa 11.000 orang telah dievakuasi, dan tidak ada kematian yang dilaporkan.

"Penduduk sangat didesak untuk melanjutkan evakuasi," kata otoritas kota Minland pernyataannya.

Pihak berwenang mengatakan Sungai Tittabawassee yang mengalir melalui Midland telah mencapai 35 kaki. Jauh di atas tahap banjir dan satu kaki lebih tinggi dari tingkat rekor sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 1986.

Tonton video 'Obama Kritik Pemerintah AS Atas Penanganan Covid-19':

Selanjutnya
Halaman
1 2