International Updates

China Janjikan Rp 29 T untuk Tangani Corona, Trump Sebut WHO Boneka China

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 17:29 WIB
Nurse wearing respirator mask holding a positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Foto: iStock
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menyerang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Trump menyebut WHO sebagai 'boneka China'.

Seperti dilansir AFP, Selasa (19/5/2020), Trump juga mengonfirmasi dirinya sedang mempertimbangkan untuk memangkas atau membatalkan dukungan AS untuk WHO, yang merupakan badan kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

"Mereka adalah boneka China, mereka China-sentris untuk membuatnya terlihat lebih baik," ujar Trump dalam pernyataan di Gedung Putih.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (19/5/2020):

- China Dukung Penyelidikan WHO, Janjikan Rp 29 T untuk Tangani Corona

Presiden China, Xi Jinping, menyatakan dukungan untuk pengkajian komprehensif terhadap respons global atas pandemi virus Corona (COVID-19) yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Presiden Xi juga menjanjikan dukungan finansial US$ 2 miliar (Rp 29,6 triliun) untuk penanganan virus Corona.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (19/5/2020), Presiden Xi menyampaikan komentar itu saat berpidato secara virtual dalam Sidang Kesehatan Dunia (WHA) pada awal pekan ini. Komentar itu disampaikan saat resolusi yang didorong oleh Uni Eropa dan Australia menyerukan pengkajian soal asal dan penyebaran virus Corona, mendapat dukungan internasional. Sejauh ini, pandemi Corona telah menewaskan lebih dari 318 ribu orang secara global.

China diketahui sebelumnya menentang seruan investigasi yang dicetuskan Amerika Serikat (AS) dan Australia. Namun Presiden Xi mengisyaratkan pada Senin (18/5) waktu setempat, bahwa China akan menerima sebuah pengkajian yang tidak memihak terhadap pandemi Corona.

- Trump Sebut WHO 'Boneka China'

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menyerang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Trump menyebut WHO sebagai 'boneka China'.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2