Beri Waktu 30 Hari, Trump Ancam Setop Dana untuk WHO Secara Permanen

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 13:53 WIB
President Donald Trump addresses the nation from the White House on the ballistic missile strike that Iran launched against Iraqi air bases housing U.S. troops, Wednesday, Jan. 8, 2020, in Washington, accompanied by Vice President Mike Pence, and others. (AP Photo/Alex Brandon)
Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan menarik pendanaan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara permanen, jika organisasi tersebut tidak 'berkomitmen untuk melakukan perbaikan besar dalam 30 hari ke depan'.

Seperti dilansir CNN, Selasa (19/5/2020), ancaman itu disampaikan Trump dalam suratnya kepada Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. Surat ini juga diposting pada akun Twitter pribadi milik Trump.

"Jelas bahwa salah langkah yang berulang kali dilakukan oleh Anda dan organisasi Anda dalam merespons pandemi (virus Corona) telah memicu penderitaan bagi dunia. Satu-satunya jalan ke depan untuk Organisasi Kesehatan Dunia adalah jika organisasi ini bisa benar-benar menunjukkan kemandirian dari China," tulis Trump.

"Pemerintahan saya telah memulai diskusi dengan Anda soal bagaimana mereformasi organisasi ini. Tapi tindakan diperlakukan dengan cepat. Kita tidak punya waktu untuk disia-siakan," imbuhnya.

Dalam surat yang menyertakan bahasa-bahasa keras ini, Trump menuduh WHO telah 'secara konsisten mengabaikan laporan-laporan kredibel soal penyebaran virus Corona di Wuhan pada awal Desember 2019 atau bahkan lebih awal'. WHO juga dituduh 'berulang kali menyampaikan klaim soal virus Corona yang sangat tidak akurat atau menyesatkan'.

Lebih lanjut, Trump mengkritik WHO telah melakukan 'permainan politik' dengan memuji perbatasan perjalanan domestik China yang ketat, namun 'entah kenapa menentang penutupan perbatasan Amerika Serikat'. Tidak hanya itu, Trump juga menyoroti soal penegasan kembali WHO atas 'klaim China yang sekarang dibantah, bahwa virus Corona tidak bisa menular antar manusia'.

Selanjutnya
Halaman
1 2