ADVERTISEMENT

Corona Menyebar Cepat di Hutan Amazon, Brasil Evakuasi Pasien Pakai Pesawat

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 19 Mei 2020 10:10 WIB
Kepala suku Kokama di kawasan Amazon, Brasil, yakni Messias Kokama meninggal dunia akibat infeksi virus Corona (COVID-19).
Foto: AP/Edmar Barros
Manaus -

Virus Corona (COVID-19) menyebar dengan begitu cepat di wilayah suku pedalaman hutan hujan Amazon, Brasil. Para dokter pun mengevakuasi pasien COVID-19 yang kritis dengan pesawat satu-satunya yang dipakai sebagai unit perawatan intensif.

"Jumlah pasien COVID-19 telah meningkat banyak. Kami menerbangkan lebih banyak pesawat (ke atas sungai); ini adalah kesempatan terakhir untuk menyelamatkan hidup mereka," kata Edson Santos Rodrigues, seorang dokter anak yang bekerja di pesawat medevac untuk negara bagian Amazon.

Edson mengatakan bahwa proses evakuasi penduduk asli yang positif Corona terkadang bisa terlambat. Hal ini lantaran pesawat tak bisa mendarat karena keterbatasan penerangan di lapangan pendaratan.

"Kadang-kadang kita tidak sampai di sana tepat waktu, karena kita tidak bisa mendarat di malam hari di lapangan terbang terpencil yang tidak memiliki lampu," katanya.

Edosn baru saja kembali ke kota Manaus dengan membawa seorang pria berusia 26 tahun dari suku Tikuna, yang bernapas dibantu tabung oksigen di pesawat. Manaus, ibu kota Amazonas, memiliki beberapa unit perawatan intensif satu-satunya di wilayah ini.

Simak juga video Update Global: Kematian Akibat Virus Corona Capai 300 Ribu Lebih:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT