Round-Up

Trump Ancam Putus Hubungan, China Cari Titik Temu

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 06:23 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping
Foto ilustrasi: Presdein China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump (Reuters/detikcom)
Jakarta -

Hubungan Amerika Serikat (AS) dengan Republik Rakyat China (RRC) tengah panas. Presiden AS Donald Trump mengancam pemutusan hubungan dengan China, namun China tak lantas ikut panas.

Pada awal pekan, Trump mengancam akan menarik diri dari kesepakatan dagang dengan China. Ada kesepakatan dagang parsial yang ditandatangani Januari lalu, yang menandai gencatan senjata dalam perang dagang kedua negara.

Para pejabat AS tengah mencari cara untuk menghukum China dan meminta kompensasi atas segala kerugian yang disebabkan pandemi Corona. Pada Selasa (12/5) lalu, para Senator Republikan mengajukan legislasi yang akan memberikan wewenang kepada Trump untuk menjatuhkan sanksi terhadap China, jika negara itu tidak memberikan pertanggungjawaban penuh terkait pandemi Corona.

Jelang akhir pekan ini, muncul kabar terbaru soal ketegangan AS-China. Trump menyatakan dirinya tidak ingin bicara dengan Presiden China, Xi Jinping. Trump memperingatkan bahwa dirinya bisa saja memutus hubungan AS dengan China terkait cara penanganan pandemi virus Corona (COVID-19).

"Saya memiliki hubungan sangat baik (dengan Xi), tapi saya -- saat ini saya tidak ingin bicara dengannya," ucap Trump merujuk pada Presiden Xi dalam wawancara dengan media AS, Fox Business, dilansir AFP, Jumat (15/4).

"Saya sangat kecewa pada China. Saya beritahu Anda hal itu sekarang," tegasnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3