Kirim Surat ke Putin, Kim Jong-Un Doakan Rusia Sukses Perangi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 15:53 WIB
Russian President Vladimir Putin and North Koreas leader Kim Jong Un shake hands during their meeting in Vladivostok, Russia,  April 25, 2019.  Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS
Kim Jong-Un dan Vladimir Putin saat bertemu di Vladivostok pada April tahun lalu (Alexander Zemlianichenko/Pool via REUTERS)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mengirimkan sebuah surat untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin, akhir pekan ini. Dalam suratnya, Kim Jong-Un menyelamati Putin untuk peringatan 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

Tak lupa, Kim Jong-Un juga mendoakan agar Rusia sukses dalam memerangi virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir Associated Press dan Yonhap News Agency, Sabtu (9/5/2020), surat Kim Jong-Un untuk Putin itu dilaporkan oleh kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA). Kim Jong-Un mengucapkan selamat kepada Putin terkait peringatan 75 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

"Kim Jong-Un dalam pesannya menyampaikan selamat dan sapaan hangat untuk Putin, pemerintahan dan rakyat Rusia yang bersahabat atas nama pemerintah dan rakyat DPRK pada peringatan 75 tahun kemenangan Rusia dalam Perang Patriotik Besar," sebut KCNA dalam laporannya.

Dalam suratnya, Kim Jong-Un juga menyampaikan keyakinan bahwa hubungan dekat antara kedua negara akan terus berkembang.

Di bagian akhir surat, Kim Jong-Un mendoakan agar Putin bisa mencapai kemenangan dalam mencegah penyebaran virus Corona di Rusia. Diketahui bahwa lebih dari 187 ribu kasus virus Corona kini terkonfirmasi di Rusia, dengan lebih dari 1.700 kematian.

"Secara tulus mengharapkan Presiden dan rakyat Rusia mendapat kemenangan pasti dalam perjuangan membangun Rusia yang kuat dengan meneruskan tradisi kemenangan besar dalam perang dan dalam mencegah penyebaran virus Corona baru, pandemi dunia," demikian pesan Kim Jong-Un seperti dilaporkan KCNA.

Laporan KCNA soal surat Kim Jong-Un untuk Putin ini dirilis sehari setelah Kim Jong-Un mengirim pesan pribadi kepada Presiden China, Xi Jinping. Dalam pesannya itu, Kim Jong-Un memuji apa yang disebutnya sebagai kesuksesan China dalam mengendalikan pandemi virus Corona.

Beberapa pakar menilai bahwa pesan semacam ini menandai Korut tengah meningkatkan jangkauan diplomatik terhadap negara-negara tetangganya, khususnya China, saat negara komunis ini mencari bantuan ekonomi usai penutupan perbatasan selama berbulan-bulan untuk menangkal virus Corona.

Korut dan Rusia sendiri meningkatkan upaya-upaya memperkuat hubungan bilateral sejak digelar pertemuan antara Kim Jong-Un dan Putih di Vladivostok, pada April tahun lalu.

WHO: Obat Virus Corona COVID-19 Masih Diuji Klinis:

(nvc/jbr)