Jubir Wapres AS Positif Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 09:07 WIB
FILE PHOTO: U.S. Vice President Mike Pence delivers a speech at the Republican National Lawyers Association (RNLA) in Washington, U.S., August 24, 2018. REUTERS/Chris Wattie/File Photo
Mike Pence (REUTERS/Chris Wattie/File Photo)
Washington DC -

Katie Miller, yang merupakan juru bicara Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Miller menjadi staf Gedung Putih kedua yang terinfeksi virus Corona dalam sepekan ini.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Sabtu (9/5/2020), Miller yang menjadi jubir untuk Pence diketahui memiliki akses rutin ke dalam rapat-rapat pejabat tinggi AS. Diketahui juga bahwa Miller merupakan istri dari seorang penasihat Presiden AS Donald Trump bernama Stephen Miller.

Informasi awal dari seorang pejabat senior pemerintahan AS yang enggan disebut namanya menyebut satu staf Pence telah diperiksa dan dinyatakan positif virus Corona pada pekan ini. Saat berbicara dalam sebuah acara dengan para anggota parlemen dari Partai Republik, Trump mengidentifikasi staf Pence itu sebagai 'Katie' dan menyebutnya bekerja dengan Pence sebagai 'orang yang mengurusi pers'.

"Dia seorang wanita muda yang luar biasa, Katie, dia dites dengan hasil sangat baik untuk jangka waktu lama dan kemudian tiba-tiba hari ini, dia dinyatakan positif (virus Corona)," ucap Trump dalam pertemuan itu. Hal itu kemudian dikonfirmasi oleh berbagai media terkemuka AS yang menyebut Katie Miller sebagai staf Pence yang baru dinyatakan positif virus Corona.

Lebih lanjut, Trump menyatakan dirinya tidak melakukan kontak dengan Miller, namun dia menekankan bahwa Pence yang melakukan kontak dengan Miller.

Miller juga diketahui secara rutin melakukan kontak dan berkomunikasi dengan para wartawan Gedung Putih. Seorang pejabat Gedung Putih menuturkan kepada CNN bahwa kini pihak Gedung Putih menyiapkan lebih banyak tes virus Corona untuk para wartawan.

Tidak disebut kapan tepatnya Miller dinyatakan positif virus Corona. Namun seorang pejabat senior AS sempat menuturkan kepada wartawan di dalam Air Force Two atau pesawat Wakil Presiden AS, bahwa seorang staf Pence dinyatakan negatif pada Kamis (7/5) dan dinyatakan positif pada Jumat (8/5) pagi.

Jubir Wapres AS Positif Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2