Round-Up

'Penebusan Dosa' China dengan Upaya Bikin Vaksin Corona

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 09 Mei 2020 05:30 WIB
Vaksin virus corona: Enam sudah diuji coba pada manusia, namun tantangannya ada pada produksi massal
Foto ilustrasi penelitian vaksin: BBC World
Jakarta -

Pemerintah China kini sedang membuat vaksin untuk Corona. Vaksin ini nantinya akan diproduksi dan disebarluaskan sebagai 'penebus dosa'.

Vaksin Corona saat ini sudah di tahap pengujian terhadap manusia. Di sebuah pusat medis di kota Xuzhou, belasan orang dewasa yang sehat menjadi relawan untuk pengujian vaksin COVID-19 pertama kalinya.

Mereka termasuk sedikit kelompok di China, Amerika Serikat dan Inggris yang sedang melakukan uji coba beberapa potensi vaksin kepada manusia. Perusahaan China yang sedang mengembangkan vaksin di Xuzhou, Sinovac Biotech, mengaku mereka bekerja tanpa henti untuk memproduksi vaksin ini.

"Biasanya pembuatan vaksin memerlukan waktu antara 8 sampai 10 tahun," kata direktur senior Sinovac, Meng Weining kepada ABC.

"Untuk vaksin ini, di tengah pandemi, kami berusaha maksimal mengambil langkahnya secepat mungkin," imbuhnya.

Untuk diketahui Sinovac adalah sebuah perusahaan swasta yang didukung oleh pemerintah China. Sebelum membuat vaksin Corona perusahaan ini juga membuat vaksin SARS, tak hanya itu mereka juga ikut terlibat dalam pembuatan vaksin flu burung dan vaksin untuk mengobati hepatitis.

Mengapa vaksin ini dijadikan 'penebus dosa'?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3