Kim Jong Un Kirim Pesan Verbal ke Xi Jinping, Tentang Apa?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 08 Mei 2020 10:17 WIB
Penampakan Perdana Kim Jong Un Usai Dikabarkan Meninggal

Media pemerintah Korut merilis foto-foto Kim Jong Un muncul di depan publik, menyusul spekulasi kuat bahwa dirinya sakit keras atau bahkan meninggal.
Kim Jong Un saat peresmian pabrik pupuk (Foto: AP Photo)
Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengirimkan "pesan verbal" kepada Presiden China Xi Jinping. Ini dilakukan menyusul kemunculannya di depan publik usai diisukan meninggal dunia.

Kantor berita resmi Korut, KCNA tidak menjelaskan apa yang dimaksudnya dengan "pesan verbal". Juga tidak jelas apakah Kim dan Xi telah berbicara langsung.

"Pesan itu sehubungan dengan fakta bahwa China mencatat keberhasilan dalam mencegah infeksi COVID-19," demikian dilaporkan KCNA seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (8/5/2020). Disebutkan bahwa Kim juga menyampaikan salam hangatnya kepada Xi.

Rumor mengenai kondisi kesehatan Kim telah merebak sejak ketidakhadirannya pada 15 April lalu dalam peringatan ulang tahun kakeknya, pendiri Korut -- hari paling penting dalam kalender politik Korut.

Kim tak pernah terlihat di depan publik sampai akhirnya muncul pada 2 Mei lalu saat pembukaan sebuah pabrik pupuk. Sebelum kemunculannya itu, Kim diisukan dalam kondisi sakit keras dan bahkan meninggal dunia usai menjalani operasi jantung.

Simak video Diisukan Meninggal, Kim Jong-un Akhirnya Muncul:

(ita/ita)