Putin Berikan Medali Perang Dunia II kepada Kim Jong Un

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 10:18 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk pertama kalinya bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pertemuan itu berlangsung di Vladivostok, Rusia.
Foto: Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Rusia Putin (Reuters)
Pyongyang -

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan sebuah medali peringatan Perang Dunia II kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Medali ini menandai peringatan 75 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman.

Sebagaimana dilansir dari Associated Press (AP), Selasa (5/5/2020) Kedutaan Rusia di Pyongyang, Korut dalam pernyataannya mengatakan, medali itu diberikan kepada Kim Jong Un karena perannya dalam menjaga memori tentang tentara Uni Soviet yang gugur di Asia.

Menurut media The Moscow Times, Kim dianggap memiliki kontribusi besar dalam mengenang tentara Soviet yang gugur, termasuk merawat makam dan situs peringatan.

Kantor berita Rusia TASS yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa 1.375 tentara Soviet dimakamkan di Korea Utara.

Duta Besar Rusia di Korea Utara, Alexander Matsegora menyerahkan penghargaan itu kepada Menteri Luar Negeri Korut Ri Son-gwon pada hari Selasa (5/5). Kim yang awal bulan diisukan sakit keras dan bahkan meninggal, tidak menghadiri upacara penyerahan medali itu.