Angka Kematian Corona di Inggris Capai 32.000, Tertinggi ke-2 di Dunia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 03:10 WIB
Korban meninggal dunia yang diakibatkan virus corona di Inggris mendekati angka 20.000, update data pemerintah Inggris pada hari Jumat.
Ilustrasi (Foto: AP Photo)
London -

Kantor Statistik Nasional Inggris merilis kematian akibat virus Corona di wilayahnya mencapai angka 32.000 kasus. Sehingga Inggris menjadi negara dengan tingkat kematian nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat.

Dilansir AFP, Rabu (6/4/2020) angka kematian tersebut, membuat Inggris melewati kasus kematian di Italia. Jumlah korban baru belum dimasukkan ke dalam angka harian resmi. Tercatat jumlah kematian saat ini 29.427.

Kementerian Kesehatan Inggris sebelumnya hanya mengumumkan kematian di rumah sakit dan terkonfirmasi positif Corona. Angka 32.000 mencerminkan situasi menjelang akhir April yang berarti Inggris mungkin memiliki angka kematian resmi tertinggi di Eropa selama beberapa hari.

Namun Inggris bersikeras bahwa perbandingan internasional karena metode dan kriteria pelaporan yang berbeda-beda. Inggris meyakini menjadi negara yang cepat melaporkan jumlah kematian.

"Tidak ada negara yang melaporkan data kematian secepat, sesering atau seluas dan sedalam yang Inggris bisa," kata kepada analisis kesehatan di ONS, Nick Stripe melalui akun Twitter resminya.

(lir/lir)