Kata WNI Mengenai Cara Peru Berjuang Lawan Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 14:38 WIB
Wabah Corona berdampak ke perekonomian dunia. Ketimpangan ekonomi kian terlihat saat warga miskin dihadapkan pilihan bertahan hidup dari Corona atau kelaparan.
Foto: Warga miskin Peru terdampak Corona (AP Photo/Rodrigo Abd)
Lima -

Peru termasuk salah satu negara sedang berjuang melawan wabah Corona. Salah seorang warga negara Indonesia (WNI) di sana membagikan cerita soal bagaimana cara Peru Melawan Corona.

Salah satu respons yang dilakukan pemerintah Peru atas wabah Corona ialah dengan menerbitkan status darurat nasional. Lewat status ini, sejumlah bandara dan perbatasan ditutup.

"Pada tanggal 15 Maret 2020 Pemerintah Peru mengumumkan status darurat nasional dan mulai pukul 00.00 16 Maret 2020 Peru langsung menutup seluruh perbatasannya termasuk bandara, pelabuhan, dan perbatasan darat, kecuali untuk kargo, pasokan pangan, dan kemanusiaan," kata Rangga Yudha Nagara, salah seorang WNI yang tinggal di Lima, Peru dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/5/2020).

Selain itu, Rangga mengatakan bahwa pemerintah Peru memberlakukan aturan jam malam. Yakni dari pukul 8 malam hingga 5 pagi (lantas diperketat menjadi pukul 6 sore - 5 pagi). Barangsiapa yang melanggar akan ditangkap dan didenda.

"Peru juga tidak main-main dalam menindak masyarakat yang bandel melanggar aturan jam malam, social distancing, atau kewajiban memakai masker dan memberlakukan karantina nasional," ujar Rangga.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2