Round-Up

Cerita Sukses Islandia Melawan Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 03:00 WIB
Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)
Foto: Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)
Hvammstangi -

Wabah Corona di Islandia sukses dikendalikan. Alhasil, pembatasan sosial pun mulai dilonggarkan. Kok bisa?

Dilansir dari The Associated Press (AP), Senin (4/5/2020), kesuksesan Islandia mengendalikan penyebaran Corona karena pelacakan dan pengujian ketat yang dilakukan. Senin (5/5) waktu Islandia, sekolah menengah atas, salon rambut, klinik dokter gigi, dan sejumlah bisnis sudah mulai dibuka.

Ahli epidemiologi Islandia, Thorolfur Gudnason, tak mengira pemulihan dari Corona bisa lebih cepat dari perkiraan.

"Saya tidak berharap pemulihan secepat ini," ujarnya.

Islandia diketahui telah mengkonfirmasi 1.799 kasus virus Corona, tetapi hanya 10 orang yang meninggal. Jumlah kasus COVID-19 baru setiap hari sudah turun dari 106 pada puncak wabah menjadi satu digit - bahkan, pada beberapa hari tercatat nol kasus. Negara Atlantik Utara ini berhasil menjinakkan wabah Corona.

Keberhasilan di Islandia juga tidak terlepas dari populasi penduduknya yang kecil yakni hanya 360.000 orang. Namun, tindakan tegas pemerintah selama pembatasan sosial juga menjadi langkah konkret memutus penyebaran Corona.

Pihak berwenang menggunakan kebijakan pengujian dan pelacakan yang ketat untuk menemukan dan mengisolasi orang yang terinfeksi. Bahkan ketika mereka tidak memiliki gejala. Mereka menawarkan tes virus Corona gratis kepada semua warga yang bersedia.

Strategi tersebut terbukti sukses tanpa penutupan sosial dan ekonomi yang hampir menyeluruh seperti dilakukan di banyak negara Eropa lainnya. Islandia menerapkan kebijakan yakni melarang warganya kumpul-kumpul lebih dari 20 orang.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2