Islandia Sukses Tangani Corona Berkat Pelacakan dan Pengujian Ketat

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 16:03 WIB
Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)
Foto: Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)
Hvammstangi -

Islandia sudah mulai melonggarkan pembatasan sosial usai berhasil mengendalikan wabah Corona. Kesuksesan Islandia ini tak terlepas dari pelacakan dan pengujian ketat yang telah dilakukan.

Sebagaimana dilansir The Associated Press (AP), Senin (4/5/2020) sekolah menengah atas, salon rambut, klinik dokter gigi dan bisnis lain di seluruh Islandia dibuka kembali pada Senin (5/5) setelah enam minggu masa karantina. Negara Atlantik Utara ini berhasil menjinakkan wabah Corona.

"Saya tidak berharap pemulihan secepat ini," kata kepala ahli epidemiologi Islandia, Thorolfur Gudnason.

Keberhasilan Islandia sebagian dikarenakan populasi penduduknya yang kecil - hanya 360.000 orang. Namun hal ini juga tak terlepas dari tindakan tegas oleh pihak berwenang, yang menggunakan kebijakan pengujian dan pelacakan yang ketat untuk menemukan dan mengisolasi orang yang terinfeksi. Bahkan ketika mereka tidak memiliki gejala.

Strategi ini telah membantu Islandia mengatasi pandemi, tanpa menggunakan penutupan sosial dan ekonomi yang hampir menyeluruh seperti yang diberlakukan di banyak negara Eropa lainnya. Orang yang terinfeksi dan melakukan kontak dikarantina.

Seperti di beberapa negara Eropa lainnya, beberapa kasus pertama virus di sini dibawa kembali dari resor ski di Pegunungan Alpen, termasuk desa Austria, Ischgl.

Simak video Update Kasus Corona di RI: 11.587 orang Positif, Sembuh 1.954:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2