Helikopter Kanada Hilang di Perairan Yunani, 5 Orang Dinyatakan Tewas

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 02 Mei 2020 04:19 WIB
Ilustrasi kecelakaan helikopter
Ilustrasi Kecelakaan Helikopter (Foto: Foto Detikcom)
Kanada -

Helikopter Kanada yang sempat hilang dipastikan jatuh di Perairan Yunani saat melakukan operasi pengintaian bersama NATO. Sebanyak 5 orang di helikopter tersebut dinyatakan tewas.

Seperti dilansir dari AFP, Sabtu (2/5/2020), operasi keselamatan sempat dilakukan oleh pihak terkait. Namun saat ini, pihak Kementerian Pertahanan Kanada memastikan operasi tersebut sudah berganti menjadi operasi pencarian.

Sejauh ini baru satu orang di helikopter itu yang berhasil ditemukan. Letnan Muda Abbigail Cowbrough telah ditemukan dan diidentifikasi.

"Lima orang lainnya yang hilang yang berada di pesawat sekarang secara resmi dianggap hilang dan diduga meninggal," kata salah satu sumber Kementerian tersebut.

"Sisa-sisa tambahan telah ditemukan selama pencarian, tetapi tidak dapat diidentifikasi saat ini," sambugnya.

Kecelakaan itu terjadi Rabu (29/4) yang lalu. Saat itu helikopter tersebut tiba-tiba hilang kontak saat hendak kembali ke kapal perang HMCS Fredericton setelah misi pelatihan.

Meski demikian, Menteri Pertahanan Kanada, Harjit Sajjan mengatakan suara kokpit helikopter dan perekam data penerbangan telah pulih dan akan dianalisis di Kanada.

Penyebab kecelakaan itu sejauh ini "Tidak diketahui," katanya.

(maa/maa)