Round-Up

Kim Jong-un Diisukan Meninggal Hingga Pelesiran Pakai Kapal

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 02:34 WIB
Kabar kondisi kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jadi perhatian dunia. Berbagai isu muncul terkait kondisi kesehatan orang nomor satu Korea Utara ini.
Kim Jong Un (Foto: Getty Images)
Pyongyang -

Keberadaan Kim Jong Un masih misterius hingga sekarang. Berbagai spekulasi mengenai kondisi pemimpin Korea Utara itu pun masih berkeliaran. Dari isu telah meninggal dunia hingga pelesiran menggunakan kapal.

Namun, dari semua isu yang beredar, tak ada satu pun yang bisa dikonfirmasi kebenarannya. Sebab, pemerintah Korea Utara maupun media resmi negara tersebut tak pernah menanggapi rumor mengenai kesehatan Kim Jong Un.

Kendati demikian, di tengah kesimpangsiuran mengenai kabar Kim Jong Un, kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) sempat merilis sepucuk surat dari pemimpin bertangan besi itu. Surat itu ditujukan Presiden Afrika Selatan (Afsel) Cyril Ramaphosa.

Sementara, surat kabar nasional Korut, Rodong Sinmun, pada Minggu (26/4) melaporkan bahwa Kim Jong-Un menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pekerja yang membantu proyek pengembangan kota Samjiyon. Hanya saja, keaslian dan kebenaran dari surat dan ucapan dari Kim Jong Un itu tidak bisa diverifikasi.

Isu mengenai kondisi Kim Jong Un ini bermula dari ketidakhadirannya pada peringatan hari ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung - pendiri Korea Utara - pada 15 April lalu. Ulang tahun Kim Il Sung merupakan perayaan penting dalam kalender politik Korut.

Hal itu lah yang kemudian memunculkan berbagai spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim Jong Un. Mulanya, dikabarkan sakit parah, kemudian meninggal dunia, hingga terbaru dikabarkan pelesiran.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3