Muncul Fenomena Saling Lapor Pelanggaran Social Distancing di Jerman

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 15:49 WIB
Ada fenomena saling lapora pelanggaran aturan jaga jarak sosial Corona di Jerman (AFP)
Foto: Ada fenomena saling lapora pelanggaran aturan jaga jarak sosial Corona di Jerman (AFP)
Berlin -

Muncul fenomena saling mengadukan pelanggaran aturan jaga jarak sosial (social distancing) untuk pencegahan Corona di Jerman. Hal ini memicu perdebatan panas di negeri bekas kekuasaan Nazi yang dulunya marak dengan budaya saling mengadukan itu.

Sebagaimana dilansir AFP, Kamis (30/4/2020) pada hari Minggu (26/4) yang cerah di bulan April, ada 20 orang sedang menikmati barbeque di kota Schwerin di Jerman utara. Polisi segera turun tangan, 20 orang itu didenda karena melanggar aturan jarak sosial baru untuk membatasi penyebaran COVID-19.

Mereka telah dilaporkan oleh tetangga mereka, yang merasa 'marah atas perilaku itu'. Si tetangga juga memamerkan aksinya melaporkan aktivitas kelompok itu di media sosial. Hal ini lantas membuka perdebatan sengit tentang kembalinya budaya 'pengaduan' di Jerman dan apakah itu dapat diterima dalam krisis saat ini.

Melaporkan tetangga Anda adalah yang sesuatu yang sangat sensitif di negara yang masih dihantui oleh kenangan Nazisme dan bekas kediktatoran komunis di Jerman Timur, dua rezim di mana memberi informasi kepada orang lain telah menjadi kebijakan nasional.

Istilah "Duninziant" ("pengadu") telah menjadi tren di Twitter, memicu semakin banyak referensi ke Reich Ketiga dan polisi rahasia Stasi.

"Semua ini tampaknya mengkonfirmasi prasangka mendalam yang dimiliki Jerman terhadap diri mereka sendiri: Bahwa ketika ragu, sebagian dari populasi bersedia menjadi perpanjangan kekuasaan negara," profesor psikologi Christian Stoecker sebagaimana dilansir Der Spiegel.

Simak juga video Kehidupan di Jerman Tampak Mulai Menggeliat:

Selanjutnya
Halaman
1 2