'Obat Nyamuk Semprot' Dipakai Tentara Inggris untuk Cegah Corona

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 30 Apr 2020 14:46 WIB
Tentara Inggris (Sumber: situs armu.mod.uk)
Foto ilustrasi: Tentara Inggris (Sumber: situs armu.mod.uk)
Jakarta -

Produk obat antinyamuk semprot untuk manusia diduga dapat mencegah penularan virus Corona. Militer Inggris menggunakannya di masa pandemi ini. Anggota parlemen Inggris penasaran apakah benar obat nyamuk itu bisa menangkal Corona.

Sebagaimana dilansir Sky News, diakses detikcom, Rabu (30/4/2020), sumber mengatakan tentara di Inggris diberi semprotan disinfektan sebagai cairan dekontaminasi apabila mereka berkontak dengan orang yang diduga terjangkit COVID-19.

Semprotan yang dimaksud adalah semprotan disinfektan mengandung Citriodiol. Citriodiol diketahui bisa membuhun virus Corona, tapi belum jelas betul apakah Citriodol bisa membunuh Corona jenis baru bernama SARS-CoV-2.

Sumber militer yang dikutip Sky News mengatakan dia telah diberi tahu soal adanya bukti bahwa bahan ini bisa berefek sama untuk virus Corona jenis baru.

Dilansir The Guardian, Kementerian Pertahanan Inggris mengonfirmasi bahwa mereka berencana membeli stok produk yang mengandung ekstrak eukaliptus lemon yang disebut citriodiol. Pejabat Inggris menolak mengungkap bukti apakah ini memang efektif menangkal Corona atau tidak.

"Perlindungan dan kondisi angkatan bersenjata adalah prioritas. Untuk membantu mereka tetap sehat dan tersedia untuk tugas, maka Kementerian Pertahanan mempertimbangkan langkah tambahan yang bisa membantu ketahanan tubuh mereka tetap fit," kata Juru Bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Kasus Kematian Corona di Inggris Melonjak, Urutan ke-3 Dunia:

Selanjutnya
Halaman
1 2