Round-Up

Daftar Negara yang Nyatakan Pandemi Sudah di Bawah Kendali

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 08:13 WIB
Sejumlah warga Jerman menikmati akhir pekan di Danau Phoenix, Dortmund.
 Padahal pemerintah Jerman telah meminta warganya menjaga jarak terkait virus corona.
Ilustrasi (Foto: AP/Markus Scholz)

2. Jerman

Salah satu negara Eropa yang menyatakan pandemi Corona telah di bawah kendali adalah Jerman. Di negara itu, kebijakan ketat untuk menanggulangi penyebaran virus Corona telah dilonggarkan.

Seperti dilansir Deutsche Welle, Senin (20/4/2020), toko bunga hingga toko pakaian, semua toko dengan ruang penjualan sampai luas maksimal 800 meter persegi telah diizinkan lagi membuka pintu bagi pelanggan. Tapi dengan tetap memperhatikan jarak aman 1,5 meter dan ketentuan prosedur higienis. Juga toko alat-alat bangunan dan rumah tangga, toko mobil, toko sepeda dan toko buku sudah diizinkan beroperasi, tidak tergantung berapa luasnya.

Pelonggaran lockdown dilaksanakan setelah ada kesepakatan umum antara pemerintahan federal dan negara bagian minggu lalu. Tiap negara bagian Jerman memang menerapkan aturan-aturan yang sedikit berbeda. Di kota Köln misalnya, toko mebel sudah diijinkan beroperasi lagi, di banyak tempat lain belum.

Lembaga kesehatan publik Robert-Koch-Institut (RKI) melaporkan sampai hari Senin (20/4), tercatat 141.672 kasus infeksi di Jerman, dengan 4.404 orang meninggal. Lebih dari 90.000 orang dinyatakan sudah sembuh dari Corona.

Pada hari Jumat (17/4), RKI menyatakan bahwa tingkat penyebaran infeksi Corona sudah turun, dengan angka potensi penularan 0,7. Artinya, sepuluh orang yang terinfeksi berpotensi menularkan Corona kepada tujuh orang. Seminggu sebelumnya angka ini masih 1,2. Menteri Kesehatan Jens Spahn kemudian menyatakan bahwa virus corona sudah "terkendali".

3. Ceko

Negara lain di Eropa yang menyatakan telah mengendalikan penyebaran virus Corona adalah Ceko. Negara itu telah melewati masa terburuk dari wabah virus Corona. Kini, Ceko mulai bangkit kembali usai berhasil menghentikan dan mengendalikan penyebaran Corona.

Seperti dilansir AFP, Kamis (8/4/2020) Menteri Kesehatan Adam Vojtech mengatakan bahwa Ceko tengah bersiap untuk memulai kehidupan normal kembali. Proses tersebut dilakukan secara bertahap.

"Kita bisa bersiap untuk secara bertahap kembali ke kehidupan normal," kata Menteri Adam Vojtech kepada wartawan.

"Kita tentu saja telah melewati yang terburuk. Pada saat yang sama, kita telah berhasil melindungi rumah sakit dan unit perawatan intensif yang masih memiliki cadangan," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3