Muncul Analisis Pengganti Kim Jong Un di Tengah Isu Meninggal

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 13:21 WIB
s
Kim Jong Un (Foto: istimewa)
Pyongyang -

Isu pemimpin Korea Utara Kim Jong Un meninggal dunia tengah santer merebak. Siapakah yang akan menjadi suksesornya?

Dilansir Reuters, Minggu (26/4/2020), Korea Utara tidak pernah mempublikasikan siapa yang akan mengikuti jejak Kim Jong Un. Pun tak ada informasi mengenai anak-anaknya.

Kendati demikian, para analisis menyebut, adiknya Kim Yo Jong dan loyalis Kim Jong Un dapat menghandle pemerintahan hingga penggantinya sudah cukup umur untuk mengambil alih kekuasaan.

Kim Jong Un saat ini diisukan telah meninggal. Rumor tersebut muncul setelah ketidakhadiran Kim Jong Un pada peringatan hari ulang tahun mendiang kakeknya, Kim Il Sung, pendiri Korea Utara, 15 April lalu dan munculnya beragam isu mengenai kesehatannya yang memburuk.

Seiring dengan berembus isu kematiannya, pertanyaan siapa pengganti Kim Jong Un yang berusia 36 tahun itu pun muncul. Kim Jong Un menjadi pemimpin ketika ayahnya Kim Jong Il meninggal pada 2011 karena serangan jantung.

Seperti diketahui, setiap perubahan kepemimpinan di Korea Utara telah meningkatkan prospek kekosongan kepemimpinan atau runtuhnya dinasti Kim, yang telah memerintah negara itu sejak didirikan pada tahun 1948.

Sejauh ini, masing-masing dari tiga Kims yang memimpin Korea Utara, memerintah negara itu dengan tangan besi. Namun, di bawah Kim Jong Un, gudang senjata nuklir dan rudal balistik Korea Utara telah tumbuh secara substansial, meningkatkan kekhawatiran tentang siapa yang akan mengendalikan senjata-senjata itu.

Berikut ini adalah tokoh-tokoh kunci dalam lingkaran kepemimpinan Korea Utara dan peran apa yang mungkin mereka mainkan dalam setiap transisi di masa depan:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3