ADVERTISEMENT

Tanda Tanya Isu Kim Jong Un Meninggal Sejak Absen Hadiri HUT Pendiri Korut

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 12:29 WIB
Media milik pemerintah Korea Utara melaporkan, Senin (30/3), Korea Utara sukses melakukan uji coba peluncuran roket-roket terbaru sehari lalu.
Kim Jong Un saat memantau uji coba rudal di tengah pandemi Corona (Foto: AP)

Ada juga kabar Kim Jong Un tengah berada di rumah liburannya di Wonsan setelah meninggalkan Pyongyang karena penasehatnya mengidap virus Corona. Rumor itu didukung oleh laporan satelit yang dirilis proyek monitoring Korea Utara yang berbasis di Washington DC, 38 North.

Dilansir Reuters dan AFP, Minggu (26/4/2020), dalam laporannya mengungkapkan, kereta api yang diduga milik Kim itu diparkir di sebuah stasiun yang disediakan untuk keluarga Kim di Wonsan pada 21 April dan 23 April.

Kendati demikian 38 North mengingatkan bahwa penampakan kereta api itu 'tidak membuktikan keberadaan pemimpin Korea Utara atau menunjukkan apa pun tentang kesehatannya'. Seperti diketahui, saat ini ada rumor bahwa Kim Jong Un telah meninggal.

"Tapi itu memberikan bobot pada laporan bahwa Kim tinggal di daerah elit di pantai timur negara itu," katanya.

Rumor mengenai memburuknya kesehatan Kim Jong Un pun memicu AS dan China untuk mengungkap kebenaran isu tersebut. AS terus memantau dengan cermat situasi di Korut.

Sementara, China mengerahkan sebuah tim yang juga beranggotakan beberapa pakar medis ke Korea Utara (Korut). Pengerahan ini disebut bertujuan untuk membantu memberikan saran kepada pemimpin Korut, Kim Jong-Un, yang dikabarkan sedang sakit.

Tim yang dikirim terdiri atas beberapa dokter dan pejabat China dan telah dikerahkan ke wilayah Korut pada Kamis (23/4) waktu setempat.

Tidak jelas apa yang akan terjadi jika Kim - yang bertanggung jawab atas Korea Utara sejak 2011 - memiliki masalah kesehatan atau meninggal.

Korea Utara belum memberikan indikasi yang berarti tentang siapa yang akan menggantikannya sebagai pemimpin.

Video: Isu Kim Jong-Un Meninggal, #KIMJONGUNDEAD Trending di Twitter

[Gambas:Video 20detik]


(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT