ADVERTISEMENT

Tanda Tanya Isu Kim Jong Un Meninggal Sejak Absen Hadiri HUT Pendiri Korut

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 26 Apr 2020 12:29 WIB
Media milik pemerintah Korea Utara melaporkan, Senin (30/3), Korea Utara sukses melakukan uji coba peluncuran roket-roket terbaru sehari lalu.
Kim Jong Un saat memantau uji coba rudal di tengah pandemi Corona (Foto: AP)

Laporan lain dari Beijing menyatakan bahwa operasi jantung salah karena tangan ahli bedah terus bergetar karena ketakutan.

Daily NK, sebuah surat kabar online yang berbasis di Korea Selatan, mengklaim operasi itu dilakukan pada 12 April. Hal inilah yang kemudian memaksa Kim untuk melewatkan perayaan ulang tahun nasional almarhum kakeknya.

Sementara, menurut sumber tak dikenal di Korea Utara, Kim, yang berusia pertengahan 30-an, membutuhkan perawatan segera karena merokok berat, obesitas, dan kelelahan.

Korea Selatan, yang secara teknis masih berperang dengan Korea Utara, pun kemudian menepis laporan itu. Seorang sumber dari pemerintahan Korsel mengatakan mereka percaya Kim Jong Un masih hidup dan akan tampil ke publik segera.

CNN, mengutip apa yang dikatakan pejabat AS yang enggan disebutkan namanya, melaporkan bahwa Washington "melakukan pemantauan intelijen" dan menyebut Kim berada dalam "bahaya besar" setelah menjalani operasi.

Tetapi pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump menolak laporan bahwa Kim sedang sakit. Trump sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan Kim 3 kali meskipun belum mencapai kesepakatan yang komperehensif.

"Saya pikir laporan itu tidak benar," kata Trump kepada wartawan, tetapi menolak untuk menyatakan kapan dia terakhir kali berhubungan dengannya.

"Kami memiliki hubungan yang baik dengan Korea Utara, sebaik yang anda bisa miliki," katanya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT