Wali Kota Osaka Dikecam karena Bilang Wanita Kalau Belanja Lama

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 13:40 WIB
Suasana tempat perbelanjaan di Jepang di tengah pandemi Corona (AFP).
Foto: Suasana tempat perbelanjaan di Jepang di tengah pandemi Corona (AFP).
Tokyo -

Wali Kota Osaka, Jepang dikecam karena menyarankan agar laki-laki saja yang berbelanja saat pandemi Corona (COVID-19). Sebabnya, dia menilai wanita butuh waktu lama untuk berbelanja karena suka melihat-lihat dulu.

Sebagaimana dilansir AFP mengutip kantor Berita Kyodo, Jumat (24/4/2020) Walikota Osaka, Ichiro Matsui mengatakan bahwa laki-laki harus dipercaya untuk berbelanja bahan makanan saat pandemi Corona. Karena menurutnya, perempuan "membutuhkan waktu lama karena mereka melihat-lihat dulu dan ragu tentang ini dan itu".

"Laki-laki dapat mengambil hal-hal yang diperintahkan (untuk dibeli) dan pergi, jadi saya pikir itu baik jika mereka pergi berbelanja, menghindari kontak manusia," kata pria berusia 56 tahun itu, Kamis (23/4).

Saat didesak oleh seorang wartawan, dia mengakui pernyataannya mungkin dianggap tidak peka, tetapi dia mengatakan itu benar terjadi dalam keluarganya.

Namun di dunia maya, Ichiro Matsui banjir kecaman netizen. Salah satu pengguna Twitter menuduhnya "tidak sopan terhadap wanita dan pria".

Yang lain menyebut komentarnya "penuh prasangka terhadap wanita", dan menambahkan "ada pria yang bimbang dan wanita yang lincah dan tajam".

"Apakah dia pikir (pembeli) suka meluangkan waktu? Mereka memikirkan menu dan harga," cuit akun lainnya.

Tetapi ada pula beberapa yang mendukung sang walikota. "Itu benar. Wanita tua, khususnya, selalu mengobrol, tidak peduli tentang belanja," tulis nitizen lainnya.