Lagi, 7 Harimau dan Singa di Kebun Binatang New York Positif Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 15:57 WIB
NEW YORK, NEW YORK - APRIL 06: A car enters the Bronx Zoo on April 06, 2020 in New York City. A tiger at the zoo has tested positive for COVID-19, the Wildlife Conservation Society said in a statement Sunday. The tiger, a 4-year-old named Nadia, had developed a dry cough and a decrease in appetite. Results from a test, which were confirmed by the USDAs National Veterinary Services Laboratory, showed that she had contracted the virus, most likely from a zoo worker.   Spencer Platt/Getty Images/AFP
Kebun binatang Bronx di New York tutup sejak pertengahan Maret (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
New York -

Tujuh ekor kucing besar, yang terdiri atas empat harimau dan tiga singa, di kebun binatang Bronx, New York, Amerika Serikat (AS), dinyatakan positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Tujuh ekor harimau dan singa ini berada di kebun binatang yang sama dengan seekor harimau betina yang positif virus Corona pada awal April lalu.

Seperti dilansir CNN, Kamis (23/4/2020), Wildlife Conservation Society atau Masyarakat Konservasi Satwa Liar yang mengelola kebun binatang Bronx mengumumkan bahwa tiga ekor harimau dan tiga ekor singa Afrika mulai menunjukkan gejala-gejala pada awal April.

Saat itu, kebun binatang yang sama mengumumkan seekor harimau Malaya bernama Nadia dan berusia 4 tahun dinyatakan positif virus Corona.

Tiga ekor harimau dan tiga ekor singa itu kemudian menjalani pemeriksaan dan hasilnya yang dirilis pekan ini menunjukkan keenamnya juga positif terinfeksi virus Corona. Menurut pihak kebun binatang Bronx, harimau dan singa itu mengalami gejala batuk-batuk.

Satu harimau lainnya, yang tidak menunjukkan gejala-gejala, juga dinyatakan positif virus Corona.

Dengan demikian, sejauh ini sudah delapan ekor harimau dan singa yang positif terinfeksi virus Corona di wilayah New York, yang tercatat memiliki kasus terbanyak di AS. Semuanya diketahui berasal dari kebun binatang yang sama yakni Kebun Binatang Bronx.

Delapan ekor harimau dan singa itu diyakini terinfeksi oleh seorang pawang yang terinfeksi virus Corona, namun tidak menunjukkan gejala-gejala. Merespons situasi ini, pihak kebun binatang menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk para pawang yang mengurusi kucing-kucing besar di empat kebun binatang yang dikelola Wildlife Conservation Society. Keempat kebun binatang itu telah ditutup sejak pertengahan Maret.

Harimau dan singa yang terinfeksi virus Corona kini berperilaku normal, makan dengan wajar dan tidak banyak batuk-batuk lagi.

Seekor Harimau di Kebun Binatang New York Positif COVID-19:

(nvc/ita)