Kerusuhan Diduga Picu Kebakaran Kamp Pengungsi di Yunani

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 20 Apr 2020 04:39 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Yunani -

Kebakaran melanda salah satu kamp pengungsi terbesar di Yunani. Pejabat setempat menduga kebakaran terjadi akibat kerusuhan pasca seorang wanita Irak meninggal dunia.

Kebakaran di kamp Vial di Pulau Chios terjadi pada Sabtu (18/4) malam waktu setempat. Kebakaran telah menghancurkan fasilitas layanan suaka Eropa itu, kantin kamp, tenda gudang dan banyak kontainer perumahan. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Kementerian Migrasi Yunani, Manos Logothetis kepda AFP, Minggu (19/4/2020) waktu setempat.

"Sebagian besar layanan administrasi kamp telah hancur," kata Logothetis seraya menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Juru bicara badan pengungsi PBB di Athena, Boris Cheshirkov mengatakan kerusakan masih masih di data. Tetapi banyak penghuni camp telah kehilangan tempat tinggal mereka.

"Pihak berwenang masih menaksir kerusakan, tetapi ratusan orang kemungkinan terkena dampak karena tempat tinggal mereka terbakar. Kami telah menyumbang tenda kepada pihak berwenang yang dapat segera digunakan dan kami akan membantu mengganti tenda-tenda gudang," kada Cheshirkov kepada AFP.

Selanjutnya
Halaman
1 2