Langgar Karantina Corona Demi Temui Pujaan Hati, Pria Australia Dibui

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 16:24 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
Ilustrasi (Thinkstock)
Perth -

Pengadilan Australia menjatuhkan hukuman satu bulan penjara terhadap seorang pria yang berulang kali melanggar dan menyelinap keluar dari karantina wajib virus Corona (COVID-19) demi mengunjungi kekasihnya. Pria berusia 35 tahun ini menjadi orang pertama di Australia yang dihukum bui di bawah aturan hukum lockdown.

Seperti dilansir AFP, Rabu (15/4/2020), Jonathan David (35) ditangkap awal bulan ini setelah membuka paksa pintu darurat dan menyelinap keluar dari karantina wajib di sebuah hotel di Perth, Australia Barat.

Kepada pengadilan setempat, seperti dikutip media lokal Seven News, David mengakui awalnya menyelinap keluar untuk membeli makanan, namun beberapa jam kemudian dia kembali melanggar karantina dan menyelinap keluar karena merindukan pujaan hatinya.

Dengan menyelinap melalui pintu darurat, David berhasil menghindari staf hotel beberapa kali. Namun aksinya ini terekam kamera CCTV dengan jelas.

Di bawah aturan hukum untuk menghentikan penyebaran virus Corona, David wajib dikarantina selama 14 hari setelah tiba di Perth dari negara bagian Victoria pada 28 Maret lalu.

Jika dia tetap diam di dalam kamar hotel selama karantina, David seharusnya sudah bisa keluar pada Senin (13/4) kemarin. Namun dengan pelanggaran yang dilakukannya, David kini harus mendekam sebulan penuh di penjara setempat.

Tidak hanya itu, David juga dihukum denda lebih dari AUS$ 2 ribu (Rp 19,4 juta).

Kepolisian di seluruh wilayah Australia telah menjatuhkan lebih dari 1.000 denda untuk berbagai pelanggaran lockdown dan karantina yang terjadi selama pandemi virus Corona. Pelanggaran yang terjadi cukup beragam, mulai dari belasan orang berkumpul untuk mengikuti acara rally mobil di jalanan hingga sekelompok pria berkumpul di dalam mobil untuk makan pizza bersama.

(nvc/ita)