Nol Kasus Baru Corona dalam Sebulan, Taiwan Berharap Wabah Telah Berlalu

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 11:23 WIB
Taiwan jadi salah satu negara yang melakukan respon terbaik dalammenangani penyebaran COVID-19. Beragam langkah responsif Taiwan itu pun mendapat pujian dunia.
Foto: Pemeriksan suhu di Taiwan untuk cegah Corona (Getty Images/Paula Bronstein)
Taipei, Taiwan -

Taiwan untuk pertama kalinya dalam sebulan terakhir ini melaporkan tidak ada kasus Corona (COVID-19) baru. Hal dinilai sebagai buah dari metode pencegahan awal penularan virus Corona yang efektif.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (14/4/2020) Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung berharap nol kasus baru Corona ini pertanda wabah telah berlalu. Namun, pihaknya akan tetap waspada.

"Tentu saja, kita berharap ini telah berlalu. Tapi kita masih harus waspada. Tentu saja kita merasa bahagia karena tidak ada kasus baru hari ini," kata Chen Shih-chung pada konferensi pers.


Chen mengatakan, terakhir kali Taiwan melaporkan nol kasus baru adalah 9 Maret. Setelah itu jumlahnya meningkat untuk beberapa waktu. Hal ini disebabkan banyak orang yang kembali dari tempat-tempat wabah Corona seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Selain itu, menurut data pemerintah Taiwan, jumlah orang yang dibolehkan pulang setelah mereka didiagnosis positif virus Corona telah mencapai 124.

Namun, pembatasan tetap diberlakukan, seperti karantina wajib 14 hari untuk mereka yang datang ke Taiwan. Sementara itu, jumlah penerbangan internasional telah menurun secara drastis.

Dinilai Terbaik Tangani Corona, Apa yang Bisa Dipelajari dari Taiwan?:


Selanjutnya
Halaman
1 2