Pasien Sembuh dalam Sehari Lampaui Kasus Baru, Malaysia Perpanjang Lockdown

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 12:07 WIB
Ratusan polisi bersiaga di sejumlah kawasan Kuala Lumpur, Malaysia. Para polisi dikerahkan untuk menjaga kawasan yang kini tengah lockdown untuk cegah Corona.
Ilustrasi (Getty Images/Rahman Roslan)

Disebutkan PM Yassin bahwa perpanjangan MCO ini didasarkan pada saran Kementerian Kesehatan dan para spesialis medis. Perpanjang ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada para tenaga medis untuk memerangi penyebaran virus Corona dan mencegah munculnya kembali virus ini di masyarakat.

"Ini sejalan dengan pandangan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) yang meminta negara-negara tidak mengakhiri pengendalian pergerakan secara dini. Seperti yang telah terjadi di beberapa negara, pandemi menyebar kembali ketika pengendalian pergerakan diakhiri," ujar Yassin.

"Kita harus bersiap menghadapi situasi ini untuk beberapa bulan. Ini mungkin berlanjut hingga kita sungguh yakin kita telah mengatasi penyebaran pandemi ini 100 persen," imbuhnya.

Lebih lanjut, PM Yassin menyebut bahwa MCO terbukti membantu dalam mengurangi penyebaran virus Corona. Dia menyatakan bahwa penambahan kasus positif virus Corona bisa dikendalikan pada angka 7 persen -- di bawah 10 persen yang ditetapkan WHO.

"Jumlah kasus positif (harian) juga berkurang. Jika tren ini berlanjut dalam dua pekan ke depan, kita bisa mencegah penyebaran COVID-19. Tapi kita tidak bisa menganggap enteng situasi. Perang belum usai, pertempuran masih berlanjut," jelasnya.

Halaman

(nvc/dkp)