Round-Up

Diapit 2 Negara Terjangkit Pandemi, Korut Klaim Masih Bebas Infeksi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 05:35 WIB
Media milik pemerintah Korea Utara melaporkan, Senin (30/3), Korea Utara sukses melakukan uji coba peluncuran roket-roket terbaru sehari lalu.  Berikut potretnya.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Hingga saat ini Korea Utara (Korut) mengklaim masih terbebas dari virus Corona baru (COVID-19). Padahal, dua negara yang mengapitnya, yakni Korea Selatan dan China menjadi episentrum pandemi COVID-19.

"Tak seorang pun terinfeksi novel coronavirus di negara kami sejauh ini," ujar Pak Myong Su, direktur departemen antiwabah di Markas Antiwabah Darurat Pusat Korut, kepada kantor berita AFP, Kamis (2/4).

Pak kala itu mengklaim Korut telah berhasil mencegah penyebaran COVID-19 di wilayahnya. Alhasil, tak ada warga Korut yang terinfeksi virus itu.

Korut memang sudah diberlakukan karantina dan pembatasan sejak awal tahun sampai sekarang. Penerbangan dan kereta api berhenti beroperasi, sekolah dan universitas diliburkan, warga asing yang ada di wilayahnya diwajibkan melakukan karantina 30 hari, termasuk para diplomat.

"Kami telah melakukan langkah-langkah pencegahan dan ilmiah seperti pemeriksaan dan karantina bagi semua personel yang masuk negara kami dan mendisinfeksi semua barang secara menyeluruh, serta menutup perbatasan dan memblokir jalur laut dan udara," katanya.

Kendati demikian, bukan tak berarti kasus terkait COVID-19 tak ada di Korut. Dilansir dari CNN, Kamis (9/4), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan telah melakukan 700 pemeriksaan COVID-19 sejauh ini.

Tonton video Trump Tawari Korut dan Iran Bantuan untuk Perangi Wabah Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3