Dokter-dokter Moskow Tangani Pasien Corona Lewat Video Call

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 10:52 WIB
Residents stay in their apartments on the Moscow outskirts late on March 29, 2020. - All residents of Moscow will be under strict self-isolation rules beginning on March 30, 2020, the mayor said in the evening of March 29, as coronavirus cases climbed in the capital. Muscovites will only be allowed to leave their homes in the case of a medical emergency, to travel to work if necessary, and go to grocery stores or pharmacies, the capitals mayor Sergei Sobyanin said in a statement. (Photo by Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Ilustrasi -- Seluruh warga Moskow diperintahkan tetap tinggal di dalam apartemen dan rumah mereka di tengah pandemi virus Corona (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)
Moskow -

Para dokter di Moskow, Rusia, memiliki cara khusus dalam menangani para pasien yang terinfeksi virus Corona (COVID-19) namun kondisinya tidak parah. Mereka menggunakan layanan konsultasi via panggilan video (video call).

Seperti dilansir AFP, Kamis (9/4/2020), dalam salah satu konsultasi via panggilan video, seorang warga Moskow menuturkan dirinya tidak merasa terlalu buruk, namun masih sedikit sesak napas. Dokter bernama Sevana Mamedova itu kemudian memberitahu pasiennya agar dia meminta dokter secara khusus memeriksa dada dan paru-parunya di rumah.

Itu menjadi contoh konsultasi medis via pusat telemedis yang diterapkan otoritas Moskow. Dalam layanan telemedis ini, para dokter akan menangani para pasien virus Corona yang kondisinya cukup baik untuk menjalani perawatan di rumah.

Para pasien itu akan dipantau dari jarak jauh oleh para tenaga medis, yang juga bertugas mencari tanda-tanda jika kondisi pasien memburuk. Para dokter menghubungi para pasiennya secara rutin dan pasien juga bisa menghubungi dokter jika merasa perlu.

Pusat layanan telemedis ini dibangun di sebuah gedung sekolah dan baru saja diluncurkan pemerintah kota Moskow, yang menjadi pusat penyebaran virus Corona di Rusia. Di pusat ini, para dokter duduk di bilik-bilik sambil menatap layar dan memakai headset untuk berinteraksi via panggilan video dengan pasiennya.

"Pusat telemedis diciptakan secara khusus bagi para pasien virus Corona yang kondisinya mengizinkan mereka untuk dipantau di rumah," sebut kepala dokter di pusat telemedis tersebut, Andrei Tyazhelnikov.

Update Global: Kasus Covid-19 di Amerika Tembus 400.549:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2