Bernie Sanders Mundur, Buka Peluang Joe Biden Tantang Trump

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 01:59 WIB
U.S. Democratic presidential candidate Bernie Sanders speaks at his caucus night rally Des Moines, Iowa February 1, 2016, REUTERS/Rick Wilking
Senator AS Bernie Sanders (Foto: REUTERS/Rick Wilking)
Jakarta -

Senator Amerika Serikat Bernie Sanders mundur dari pencalonannya sebagai presiden, Rabu (8/4/2020). Sanders membuka jalan bagi Joe Biden untuk maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat dan menantang petahana Donald Trump pada November mendatang.

"Saya telah menyimpulkan bahwa pertempuran untuk pencalonan Demokrat tidak akan berhasil," kata Sanders kepada para pendukung dalam sebuah siaran langsung, dilansir dari AFP, Kamis (9/4/2020).

"Wakil presiden Biden akan menjadi calon," tambah pria 78 tahun itu.

"Saya mengucapkan selamat kepada Joe Biden, seorang pria yang sangat baik, yang akan saya ajak bekerja sama untuk memajukan gagasan progresif kami," sambungnya.

Sanders, yang pernah menantang Hillary Clinton untuk nominasi partai pada 2016, saat ini menghadapi tantangan besar bagi Biden dalam lomba 2020 yang menjadi pelopor awal tahun ini dan mendapatkan suara terbanyak dalam tiga kontes pertama di seluruh negara bagian.

Namun Sanders dikalahkan oleh Biden yang sedang naik, yang memenangkan mayoritas besar dari pemilihan pendahuluan yang tersisa dan sekarang memegang kepemimpinan utama dalam perlombaan yang sangat penting bagi para delegasi yang memilih nominasi.

Sanders menjalankan kampanye intensif yang digerakkan oleh isu, membawa platform ideologis liberal - termasuk panggilan untuk perawatan kesehatan universal dan upah minimum $ 15 per jam.

"Bersama-sama kita telah mengubah kesadaran Amerika menjadi negara yang kita inginkan, dan telah mengambil langkah maju ke depan dalam perjuangan tanpa akhir untuk keadilan ekonomi, keadilan sosial, keadilan rasial, dan keadilan lingkungan," kata Sanders.

Beberapa anggota parlemen AS telah keluar untuk mendukung semacam itu, dan Biden sendiri telah bergeser ke kiri untuk memasukkan beberapa kebijakan Sanders, meskipun ia telah menekankan bahwa ia tidak mendukung rencana Sanders's Medicare for All.

Biden mentweet ucapan terima kasihnya kepada Sanders, memanggilnya sebagai "pria yang baik, seorang pemimpin yang hebat, dan salah satu suara paling kuat untuk perubahan di negara kita."

(eva/eva)