Pernyataan Lengkap Anies Baswedan Soal Ketentuan dalam PSBB di Jakarta

Herianto Batubara, Zunita Putri - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 22:54 WIB
Anies Baswedan
Foto Anies Baswedan: Ardan Adhi Chandra-detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta efektif diberlakukan pada Jumat 10 April 2020. Anies juga mengatakan akan ada sanksi tegas bagi warga yang melanggar aturan ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI, Selasa (7/4/2020). Pernyataan tersebut disampaikan Anies usai rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta.

Turut mendampingi Anies dalam jumpa pers di antaranya Kapolda Metro Jaya Irjen Irjen Pol Nanang Sudjana, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Pangkoabs AU Marsekal Madya TNI Chairul Lubis, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr Asri Agung Putra, juga Kabinda DKI Jakarta Brigjen TNi Tjahyono Cahya.

"Dari pembahasan yang kita lakukan tadi, DKI Jakarta akan melaksanakan PSBB sebagaimana digariskan oleh keputusan menteri, efektif mulai hari Jumat tanggal 10 April 2020," ujar Anies dalam jumpa persnya.

Anies mengatakan selama masa PSBB kegiatan perkantoran dihentikan, kecuali pada 8 sektor. Seluruh fasilitas umum hiburan juga akan ditutup. Anies juga bicara soal pengaturan transportasi umum dan kendaraan online.

Anies juga berharap seluruh warga Jakarta bisa mengikuti peraturan yang telah ditetapkan Pemprov DKI. Dia menegaskan kebijakan ini dibuat agar penyebaran COVID-19 bisa terputus.

"Kita berharap pembatasan nantinya bisa ditaati, sekaligus menjadi pesan bagi semua bahwa ketaatan kita untuk membatasi pergerakan, membatasi interaksi itu akan sangat mempengaruhi kemampuan kita untuk mengendalikan virus ini," tuturnya.

Berikut pernyataan lengkap Anies:

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Selamat malam, salam sejahtera untuk semuanya.

Baru saja kami dari seluruh jajaran forum koordinasi pimpinan daerah Pemprov DKI Jakarta atau Forkompimda menyelesaikan pembahasan terkait dengan pembatasan sosial berskala besar yang pada hari ini kita menerima surat keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kita semua menyadari, bahwa persoalan penyebaran COVID-19 membutuhkan kerja semua pihak untuk bisa mengendalikan penyebaran ini, karena penyebarannya dari orang ke orang. Itu sebabnya interaksi antarorang penting sekali dibatasi. Malam hari ini, seluruh jajaran Forkompimda ini lengkap, hari ini ada Bapak Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiono, kemudian Pak Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nanang Sudjana, kemudian Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, Pangkoabs AU Marsekal Madya TNI Chairul Lubis, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr Asri Agung Putra, juga bersama kita hadir Kabinda DKI Jakarta Brigjen TNi Tjahyono Cahya, Kasgartap I Jakarta Irjen TNI Syafrudin, juga Danlantamal III Brigjrn TNI Marinir Hermanto dan seluruh anggota Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 DKI Jakarta.

Dari pembahasan yang kita lakukan tadi, DKI Jakarta akan melaksanakan PSBB sebagaimana digariskan oleh keputusan menteri, efektif mulai hari Jumat tanggal 10 April 2020. Secara prinsip tadi kami sudah bahas bersama, secara prinsip selama ini DKI Jakarta sudah melaksanakan pembatasan-pembatasan itu mulai dari seruan untuk bekerja di rumah, menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan mengalihakannya menjadi kegiatan belajar mengajar di rumah, kemudian menghentikan kegiatan peribadatan di rumah-rumah ibadat, mengerjakan peribadatan di rumah, begitu juga pembatasan transportasi semuanya sudah kita lakukan selama 3 minggu terakhir ini. Jadi, bagi masyarakat Jakarta yang akan nanti kita lakukan mulai tanggal 10, utamanya adalah pada komponen penegakan.

Karena, akan disusun peraturan yang peraturan ini memiliki kekuatan mengikat kepada warga untuk mengikuti. Jadi kita berharap pembatasan nantinya bisa ditaati, sekaligus menjadi pesan bagi semua bahwa ketaatan kita untuk membatasi pergerakan, membatasi interaksi itu akan sangat mempengaruhi kemampuan kita untuk mengendalikan virus ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5