Pasien Virus Corona di Spanyol Dirawat di Hotel Bintang Lima

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 13:36 WIB
virus corona
Foto: Getty Images/iStockphoto/wildpixel
Barcelona -

Sebuah ambulans yang mengangkut tiga pasien virus corona, tiba di sebuah hotel bintang lima di kota Barcelona, Spanyol. Ketiga pasien yang tadinya dirawat di rumah sakit itu, disambut oleh direktur hotel.

"Selamat pagi! Bagaimana kabar Anda? Saya Enrique Aranda dan saya mungkin pekerja non-medis pertama yang Anda lihat dalam beberapa hari," ujar Aranda, direktur hotel Melia Sarria, seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/4/2020).

"Beberapa pasien yang datang, berpikir bahwa mereka dibawa keluar rumah sakit untuk dibiarkan meninggal, banyak orang ketakutan. Saya mencoba membuat mereka melupakan itu semua," tutur Aranda yang mengenakan masker dan sarung tangan.

Hanya butuh waktu tiga hari untuk mengubah hotel bintang lima itu menjadi sebuah klinik khusus pasien COVID-19. Di hotel mewah ini, para pasien disambut oleh tim perawat yang mengenakan pakaian pelindung.

Begitu pasien masuk ke hotel, para perawat akan memeriksa suhu tubuh mereka, mencatat laporan medis, sementara pegawai hotel mengantar mereka ke kamar hotel.

Pemerintah Spanyol telah memerintahkan semua hotel ditutup untuk memerangi pandemi virus corona, yang sejauh ini telah merenggut 10.935 nyawa di Spanyol -- angka kematian tertinggi kedua di dunia setelah Italia.

Hotel-hotel di seluruh negeri kini telah diubah menjadi fasilitas perawatan medis demi mengosongkan sejumlah tempat tidur di rumah sakit, yang telah dibanjiri pasien COVID-19.

Perpustakaan di Spanyol Dialih Fungsi Jadi Ruang ICU: