Putin Kerja dari Rumah Usai Salaman dengan Direktur RS Positif Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Apr 2020 13:58 WIB
Vladimir Putin is sworn as Russian President during an inauguration ceremony at the Kremlin in Moscow, Russia May 7, 2018. Sputnik/Alexander Astafyev/Pool via REUTERS  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Vladimir Putin (Sputnik/Alexander Astafyev/Pool via REUTERS)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memutuskan untuk menjalankan tugas dari jarak jauh. Langkah ini diambil setelah seorang direktur rumah sakit di Moskow dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) usai bertemu Putin.

Seperti dilansir AFP, Kamis (2/4/2020), dokter Denis Protsenko, yang menjabat Direktur Rumah Sakit Kommunarka -- RS khusus virus Corona di Moskow -- mengumumkan dirinya positif virus Corona pada Selasa (31/3) waktu setempat. Protsenko diketahui sempat bertemu dan salaman dengan Putin, pekan lalu.

Dinyatakan oleh Kremlin atau Istana Kepresidenan Rusia bahwa Putin telah menjalani tes rutin dan tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan kesehatannya. Namun dalam pernyataan terbaru, Kremlin mengumumkan bahwa Putin kini bekerja dari jarak jauh.

"Presiden memilih untuk bekerja dari jarak jauh," tutur juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada wartawan setempat.

Pernyataan ini disampaikan sesaat sebelum Putin menggelar rapat kabinet via video conference. Putin saat ini berada di kediaman kepresidenan di Novo-Ogaryovo, yang ada di luar ibu kota Moskow. "Kita mengambil seluruh langkah pencegahan," imbuh Peskov.

Diketahui bahwa Putin bertemu Protsenko saat mengunjungi RS Kommunarka pada 24 Maret lalu. Putin tampak memakai pakaian hazmat warna kuning saat menginspeksi RS tersebut, namun dia tidak memakai pakaian pelindung saat berbicara dan salaman dengan Protsenko.

Saat ditanya apakah Putin akan tetap bersalaman dengan orang-orang yang ditemuinya, Peskov menjawab: "Tentu saja semua orang kini melakukan social distancing."

Nyaris 70 persen dari total populasi Rusia sebanyak 147 juta jiwa, dibatasi pergerakannya di tengah pandemi virus Corona. Sejauh ini sudah 2.777 kasus virus Corona yang terkonfirmasi di wilayah Rusia, dengan 24 orang meninggal dunia.

Putin Salaman dengan Dokter yang Positif Corona:

(nvc/ita)