Lockdown Wuhan Dinilai Telah Mencegah 700 Ribu Kasus Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 10:45 WIB
Menurunnya jumlah kasus baru Corona di Wuhan membuat aktivitas perekonomian di wilayah itu perlahan kembali bergeliat. Sejumlah toko mulai kembali beroperasi.
Kehidupan di Wuhan dan sekitarnya mulai kembali normal usai pembatasan perjalanan dicabut secara bertahap (AP Photo)
Beijing -

Keputusan otoritas China untuk memberlakukan lockdown terhadap kota Wuhan, yang merupakan titik nol dari pandemi virus Corona (COVID-19), dinilai mungkin telah mencegah lebih dari 700 ribu kasus baru dengan menunda penyebaran virus tersebut.

Seperti dilansir AFP, Rabu (1/4/2020), analisis tersebut disampaikan oleh para peneliti di China, Amerika Serikat (AS) dan Inggris dalam sebuah jurnal sains terbaru.

Disebutkan oleh para peneliti itu bahwa langkah-langkah pengendalian drastis yang diambil China dalam 50 hari pertama saat virus Corona mewabah, dinilai telah memberikan waktu yang cukup bagi kota-kota lain di negara itu untuk bersiap dan mempersiapkan pembatasan tersendiri.

Peneliti Oxford, Christopher Dye, yang merupakan salah satu penyusun laporan analisis ini, menyebut bahwa saat hari ke-50 virus Corona mewabah -- atau pada 19 Februari -- sudah ada 30 ribu kasus terkonfirmasi di wilayah China daratan.

"Analisis kami menunjukkan bahwa tanpa larangan perjalanan yang diberlakukan di Wuhan dan tanpa tanggap darurat nasional, akan ada lebih dari 700 ribu kasus COVID-19 yang terkonfirmasi di luar Wuhan pada tanggal itu," sebut Dye seperti tertulis dalam keterangan pers.

"Langkah pengendalian yang diambil China tampaknya berhasil memutus rantai penularan secara sukses -- mencegah kontak antara orang-orang yang bisa menularkan dan orang-orang yang rentan," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2