International Updates

1 Juta Orang di AS Diperiksa Corona, Ada Lonjakan 9 Ribu Kasus Baru di Spanyol

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 19:32 WIB
Presiden China, Xi Jinping, menyerukan agar China dan Amerika Serikat (AS) bersatu untuk memerangi pandemi virus Corona.
Ilustrasi (AP PHOTO)
Jakarta -

Saat jumlah kasus virus Corona di Amerika Serikat (AS) terus bertambah, Presiden Donald Trump mengklaim 1 juta orang di AS telah diperiksa. Sementara Spanyol melaporkan 9 ribu kasus baru virus Corona dalam 24 jam terakhir.

Klaim Trump itu disampaikan saat jumlah total kasus virus Corona di AS melampaui 164 ribu kasus dan jumlah korban meninggal melebihi 3 ribu orang.

Secara global, menurut data penghitungan Johns Hopkins University (JHU), sejauh ini sudah lebih dari 800 ribu orang di sedikitnya 178 negara dan wilayah yang positif terinfeksi virus Corona. AS menjadi negara dengan kasus virus Corona paling banyak di dunia.

Data terbaru JHU hingga Selasa (31/3) waktu setempat juga melaporkan lebih dari 38 ribu orang meninggal dunia, secara global, akibat virus Corona. Italia menjadi negara dengan jumlah korban meninggal paling banyak saat ini, yakni melebihi 11 ribu orang. Total jumlah kasus virus Corona di Italia telah melebihi 101 ribu kasus.

Spanyol menjadi negara kedua dengan jumlah korban meninggal terbanyak, dengan lebih dari 8 ribu orang. Total kasus di Spanyol kini melebihi 94 ribu kasus, setelah ada laporan terbaru otoritas Spanyol yang mengumumkan lonjakan 9 ribu kasus dalam sehari.

Berikut berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom hari ini:

- Ada 48 Kasus Baru Virus Corona di China, Semuanya Kasus Impor

Otoritas China melaporkan 48 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Semua kasus baru di China daratan itu merupakan kasus impor atau muncul dari orang-orang yang datang dari luar negeri.

Seperti dilansir Reuters dan kantor berita Xinhua News Agency, Selasa (31/3/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dalam pernyataan terbaru melaporkan 48 kasus baru yang muncul sepanjang Senin (30/3) waktu setempat. Jumlah itu meningkat jika dibandingkan sehari sebelumnya dengan 31 kasus baru dalam sehari.

NHC menyebut bahwa seluruh kasus baru yang muncul merupakan kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri dan datang ke China beberapa waktu terakhir. Tambahan ini menjadikan total kasus impor di China daratan mencapai 771 kasus.

Total jumlah kasus virus Corona di China daratan saat ini mencapai 81.518 kasus. Sejauh ini 3.305 orang meninggal dunia akibat virus Corona di wilayah China daratan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3