838 Kasus dalam Sehari, Total Kematian Akibat Corona di Spanyol Jadi 6.528

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 05:11 WIB
Ilustrasi virus Corona
Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

Spanyol mengkonfirmasi sebanyak 838 kasus kematian dalam sehari akibat virus Corona. Jumlah tersebut menambah angka kematian menjadi 6.528 kasus di negara ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (30/3/2020), pemerintah setempat menyebut jumlah kasus positif Corona di Spanyol kini telah mencapai 78.797 . Angka kematian di Spanyol akibat virus Corona juga terus mengalami peningkatan setiap harinya.

"Penyebaran (pandemi) tampaknya mulai stabil, bahkan tampaknya berkurang, tetapi kita harus ingat bahwa masalah mendasar kita saat ini adalah untuk memastikan unit perawatan intensif tidak penuh," kata Koordinator Kedaruratan Kementerian Kesehatan Spanyol, Fernando Simon.

Simon menyebut bahwa Spanyol juga pada Minggu (29/3/2020) melaporkan ada 14.709 orang telah sembuh dari Corona.

Seperti Italia, Spanyol dalam mengatasi penyebaran virus telah memperketat peraturan dengan melarang semua kegiatan yang tidak penting di ruang publik. Saat ini, orang-orang di Spanyol hanya boleh meninggalkan rumah hanya untuk pekerjaan yang mendesak, membeli makan, dan untuk mendapatkan perawatan medis.

"Semua pekerja dalam kegiatan ekonomi yang tidak penting harus tinggal di rumah selama dua minggu," kata Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Dalam rapat darurat pemerintah setempat memutuskan setidaknya hingga Kamis (4/4) hanya kantor yang melayani terkait kesehatan, makanan yang dibolehkan tetap berfungsi. Sementara, perkantoran bidang lain akan dihentikan sementara.

(fas/fas)